Wujudkan Pelayanan Promoter, Polda Bali Resmikan Command Center

posbali.id
Petugas Command Center di Gedung Biro Operasi Polda Bali mengawasi suasana di berbagai titik di lingkup kerja Polda Bali


DENPASAR, POSBALI.ID – 
Kepolisian Daerah (Polda) Bali terus berinovasi guna memberikan pelayanan yang profesional, modern, dan terpercaya (promoter) kepada masyarakat. Salah satu yang teranyar yakni peresmian Command Center di Gedung Biro Operasi Polda Bali, Rabu (11/4).

Kapolda Bali, Irjen Pol. Dr. Perus R. Golose mengatakan Command Center merupakan pusat pengendali pengawasan keamanan berbasis teknologi yang dapat menghubungkan berbagai titik di wilayah kerja Polda Bali. Titik-titik tersebut akan terhubung dengan pusat komando yang mampu menampilkan keadaan visual lokasi pada waktu yang sebenarnya (real time). Sasarannya adalah mengoptimalkan upaya monitoring situasi kamtibmas, kamseltibcarlantas, termasuk mengawasi keberadaan anggota dalam memberikan pelayanan dan pengaturan lalu lintas.

“Dengan adanya modernisasi di lingkungan Polri, khususnya di Polda Bali diharapkan bisa lebih cepat melayani masyarakat. Bagaimana saya mengintegrasikan fungsi yang ada dalam IT (teknologi informasi, red), contohnya dengan Salak Bali yang bekerjasama dengan Telkom, juga dengan program 110 Mabes Polri,” katanya.

Dijelaskan, setidaknya ada 380 kamera CCTV yang terhubung dengan Command Center tersebut. Jumlah itu akan bertambah seiring dengan rampungnya program smart city Kabupaten Badung. Command Center juga terhubung pada CCTV di pintu masuk Bali (Gilimanuk dan Padangbai), termasuk kawasan pariwisata di Bali.

Terkait dengan kesiapan petugas dalam menggunakan teknologi ini, Golose mengatakan pihaknya sudah sangat siap. Dari 13 ribu personel yang ada, 12 ribu diantaranya telah teregister dalam aplikasi tersebut. “12 ribu dari 13 ribu polisi sudah teregister, mereka menggunakan smartphone masing-masing. Petugas yang ada di lapangan juga menggunakan layanan untuk absensi serta melaporkan kondisi tempatnya bertugas, tinggal jepret selfie laporkan,” jelasnya.

Sementara itu, pihaknya yang menggandeng Telkom dan Biznet dalam Command Center memastikan teknologi tersebut aman dari ancaman haking. “Mengantisipasi serangan haker, kita di-back up oleh Telkom. Kita tahu, Telkom adalah yang terdepan, sehingga dipastikan aman. Ini adalah model kepolisian modern, bukan lagi konvensional, kita sedikit demi sedikit upayakan pembenahan dengan modernisasi pelayanan masyarakat berbasis teknologi,” terangnya.

Golose juga mengatakan, dengan adanya teknologi ini pihaknya akan semakin mantap menghadapi gelaran IMF World Bank Annual Meetings yang digelar di Bali Oktober nanti. “Tidak hanya untuk IMF World Bank, (melalui) teknologi ini kita juga siap menyambut Pilkada 2018, Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019, serta pelayanan masyarakat,” pungkasnya. eri

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!