WP Nunggak Pajak, Siap-siap Dipasangi Spanduk

posbali.id

MANGUPURA, @posbali.id – Pemerintah Kabupaten Badung memiliki cara baru untuk mengantisipasi wajib pajak (WP) yang membandel untuk melunasi pajak yang harus disetorkan. Cara tersebut dengan memasang spanduk yang berikan keterangan usaha tersebut nunggak pajak.  Cara baru tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati Badung  Nomor 15 tahun 2018 tentang Tata Cara  Penagihan Pajak Daerah yang ditandatangai Bupti Nyoman Giri Prasta pada 3 April lalu.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Kabapenda) Kabupaten Badung, I Made Sutama, Perbup sebagai landasan hukum dalam melakukan penangihan untuk terus meningkatkan  pendapatan asli daerah. Dengan adanya Perbup, lanjut dia, pihaknya tak segan-segal lagi dalam melakukan upaya penagihan pajak bagi para pengusaha yang sering nunggak pajak. Dalam pasal 6 Perbup 15/2018 sudah jelas disebutkan.

“Apabila setelah tenggang waktu 21 hari setelah disampaikannya surat teguran, wajib pajak tidak melaksanakan kewajibannya membayar utang pajak, kepala badan dapat memerintahkan kepada juru sita untuk memasang spanduk  di lokasi atau tempat usahanya bahwa wajib pajak yang bersangkutan tidak taat membayar pajak,” terang Sutama, Selasa (12/6)

Mantan Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Badung ini mengatakan, tidak hanya memasang spanduk dengan tulisan tidak taat bayar pajak, surat  paksa juga bisa dikeluarkan dalam 21 hari setelah surat teguran  dikeluarkan. “Untuk pemasangan spanduk  belum ada, namun untuk pemberian surat paksaan sudah ada beberapa hotel yang sudah kita berikan dan sebagian hotel mau melunasi utang pajaknya secara mencicil,” katanya.

Kedepan, bertindak tegas bagi mereka yang berhutang dan tak bisa dibina kami akan pasangi spanduk. “Perusahan tidak taan bayar pajak dan dipublikasi ke masyarakat luas baik melalui media cetak maupun elektronik,” ucapnya sebagai langkah efek jera perusahan yang “merampas” hak masyarakat. 020

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!