Wagub Cok Ace Resmikan Busana Adat Bali

posbali.id

Wagub Cok Ace Resmikan Busana Adat Bali

– Niat Baik Pemerintah Bali Melestarikan Budaya Bali

AMLAPURA, posbali.id – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) meresmikan secara serentak Busana Adat Bali yang berlangsung di Pura Besakih, Karangasem, Kamis (11/10/2018). Dimana dalam persmian tersebut, ditandai dengan pemakaian udeng untuk tiga tokoh masyarakat, yakni dua orang dari IHDN dan Bendesa Adat Pakraman Besakih.

Foto; Wagub Cok Ace memakaikan udeng kepada tiga orang tokoh masyarakat.
Foto; Wagub Cok Ace memakaikan udeng kepada tiga orang tokoh masyarakat.

Wagub Cok Ace mengatakan, terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 79 dan juga Pergub nomor 80 tentang berbahasa Bali dan Busana Adat Bali, karena melihat fenomena saat ini masyarakat Bali semakin sedikit berbahasa Bali dan juga Busana Adat Bali. “Banyak pertanyaan bahwa takut salah dalam berbahasa Bali dalam keseharian. Namun itu jangan dijadikan beban. Mari kita belajar dan perbaiki kesalahan secara pelan-pelan,” katanya.

Menurutnya, inti dari dua Pergub ini adalah niat baik dari Pemerintah Bali untuk melestariakan budaya Bali. Karena jika tidam dilakukan, maka lama kelamaan bahasa dan busana Bali yang baik dan benar semakin berkurang. “Mari pelan-pelan kita lakukan, dan jika dalam pelaksanaannya ada yang salah, mari kita perbaiki bersama-sama,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua DPRD Bali, I Nyoman Adi Wiryatama mengatakan, pihaknya menyambut gembira terkait pemberlakuan bahasa dan busana adat Bali tersebut. Karena jika secara terus menerus dua hal tersebut tidak dilakukan, dirinya khawatir Bali akan kehilangan identitasnya. “Tantangannya sebenarnya tidak terlalu berat. Karena, kalau bahasa Bali tidak sering kita pergunakan maka akan kaku. Sama dengan bahasa lain, seperti  bahasa Inggris, Jepang jika tidak kita gunakan maka akan kaku,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP), Jero Gede Suwena Putus Upadesha menyampaikan apresiasi dan terimakasih terhadap dua Pergub yang dikeluarkan tersebut. Karena cita-cita masyarakat Bali untuk menyatukan terkait bahasa dan busana adat Bali sudah bisa dipastikan dilaksanakan dengan terbitnya Pergub ini. Sehingga masyarakat Bali tahu tentang bahasa dan busana Bali sebagai ciri khas masyarakatnya Bali. “Ini sebagai performance atau penampilan ciri khas warga Bali yang beragama Hindu yang medesa pakraman, ciri mereka ini adalag berbusana dan berbahasa Bali,” tandasnya. alt

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Wagub Cok Ace Resmikan Busana Adat Bali

  • 26/10/2018 pada 10:09 AM
    Permalink

    YIN’S Blog: ❤保養❤ 手足水果水療護理產品 ~ CND™ SPA BRIGHT CITRON 明亮柚子護理系列 YIN’S Blog: ❤保養❤ 手足水果水療護理產品 ~ CND™ SPA BRIGHT CITRON 明亮柚子護理系列

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!