Wagub Cok Ace Beberkan Hasil Blusukan Toko Nakal Tiongkok

posbali.id

MANGUPURA, posbali.id – Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) membeberkan hasil blusukan ke toko yang disinyalir berasal dan dikendalikan pelaku wisata nakal asal Tiongkok. Dari blusukannya itu, dirinya melihat bahwa memang benar ada tenaga asing yang bekerja sebagai penjaga toko. “Jadi apa yang saya lihat tinggal dicek saja apakah sudah ada izin atau belum,” katanya setelah menghadiri Forum Group Discussion di The Trans Resort Bali, Jalan Sunset Road, Kerobokan, Selasa (23/10/2018).

Cok Ace menambahkan, begitu juga dengan produk yang dijual dalam toko tersebut, dirinya juga melihat dan menemukan, hampir semua produk tersebut merupakan buatan Tiongkok. Pihaknya pun tidak mengetahui mekanisme produk tersebut, terkait kedatangan, penjualan, kemudian dijual kembali ke luar Indonesia, dan juga terkait pajaknya. “Jadi begitu mereka membeli produk yang dijual dan menerima barangnya di negaranya, namun tidak sesuai dengan yang mereka beli, maka itu juga akan mencederai nama Bali,” ujarnya.

Lebih lanjut menuturkan, dari tiga tempat penjualan toko souvenir yang ia datangi, terdapat perbedaan yang dijual. Dimana di tempat pertama, dirinya melihat produk berupa bantal dan wisatawan pun mencoba untuk tidur menggunakan bantal tersebut.  Dan ketika wisatawan itu akan membeli, kemudian barangnya itu akan diterima di negaranya.

Begitu juga saat ditanya terkait mata uang yang dipakai dalam transaksi tersebut, dari pihak penjual menggunakan rupiah. Namun, pengakuan dari wisatawan yang membocorkan kepada dirinya, mereka membayar dengan WeChat pay. “Ini perlu lebih jauh lagi. Yang jelas ini ada yang disembunyikan,” turunya.

Sementara di toko ke dua, dirinya milhat toko textile  dan sebagian besar yang dijual juga produk dari luar. Kendatipun ada yang produk batik Pekalongan, namun tidak seberapa. “Kami juga menemukan produk obat-obatan yang ditutupi ketika kami datang.  Artinya, kalau memang tidak ada masalah kenapa harus disembunyikan dari pandangan saya,” sebutnya. Sedangkan untuk toko yang ke tiga, Cok Ace meilhat produk Kristal yang juga berasal dari luar. alt

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!