Usulan Musrenbang RKPD Kabupaten Badung di kecamatan Kuta Tahun Anggaran 2020 berjumlah 649 dengan Nilai Rp 1,047 Triliun

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI  – Penanganan masalah transportasi, banjir, sampah, peningkatan kualitas fasilitas publik yang sudah disediakan, menjadi skala prioritas usulan yang mengemuka dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Badung di kecamatan Kuta Tahun Anggaran 2020, Jumat (8/2). Musrenbang dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Badung, I Made Wira Dharmajaya. Adapun tema yang diusung dalam musrenbang adalah ‘Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi Dan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Inovasi Pelayanan Dasar dan Infrastruktur Berwawasan Lingkungan’. Turut hadir dalam acara Anggota DPRD Badung I Gusti Anom Gumanti, Kadis PUPR Kabupaten Badung IB Surya Suamba, Tripika kecamatan Kuta, Lurah sekecamatan Kuta, Tokoh masyarakat, Tokoh agama, Tokoh adat sekecamatan Kuta.

 

Dalam pemaparannya, Wira Dharmajaya menerangkan pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Kuta, merupakan rangkaian kedua dari Musrenbang di 6 kecamatan yang ada di kabupaten Badung. Adapun 9 prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan, menyangkut bidang pendidikan, Penelitian, Pengembangan, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Bidang Kesehatan, Bidang Pembangunan Ekonomi, Bidang Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Bidang Sarana Prasarana wilayah, perumahan dan Pemukiman. Bidang Perlindungan Sosial dan Pengarusutamaan Gender, Bidang Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup, Bidang Pariwisata, Pertanian dan Kebudayaan, Bidang Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

 

Diakuinya dinamika aspirasi dan kebutuhan yang berkembang di kecamatan Kuta masih tetap dalam kondisi, dinamis dan konstruktif. Dimana dalam Musrenbang di kecamatan Kuta tahun ini, terjadi peningkatan jumlah usulan maupun nilai pagu yang diusulkan. Tentunya hal itu akan dibahas bersama dan dicarikan kemufakatan sebagai hasil pelaksanaan musrenbang, berkaca dari isu strategis yang berkembang di masyarakat Kuta. “Ini menjadi suatu hal yang kita perlu pacu dan tingkatkan, mengingat Kuta sebagai salah satu kawasan pariwisata utama di Kabupaten Badung, ini perlu kita skala prioritaskan, karena Kuta juga menjadi sumber PAD terbesar di kabupaten Badung,”terang Wira Dharmajaya.

 

Sementara Plt Camat Kuta, Made Widiana dalam sambutannya menerangkan, jumlah usulan kecamatan Kuta dalam Musrenbang RKPD tahun 2019 berjumlah 649 usulan dengan nilai Rp 1.047.187.102.000. Itu terbagi menjadi 4 kelompok usulan, yang pertama kelompok Ekonomi dan Sumber Daya Alam sebanyak 52 usulan dengan nilai Rp 41.477.500.000. Kedua kelompok Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan 232 usulan dengan nilai Rp 144.158.827.000. Ketiga kelompok Sarana dan Prasarana Wilayah dengan 339 usulan nilai: Rp 856.690.375.000  . Yang terakhir kelompok Sosial dan Budaya dengan 26 usulan dengan nilai: Rp 4.860.400.000. “Dari usulan-usulan pembangunan tersebut, kami mengadopsi adanya isu-isu strategis yang menjadi skala prioritas kecamatan Kuta, yaitu Pembangunan jalan diatas Tukad Mati, pengentasan 104 RTM, pembebasan lahan untuk pembuatan taman kota, pembangunan dan penataan GOR Samudra Kuta, pembuatan utilitas terpadu bawah tanah dan peremajaan LPJ sekecamatan Kuta, pengadaan loader penanggulangan sampah pantai, penataan kawasan central parkir dan penambahan saluran drainase, pengelolaan dan penanganan limbah serta pemasangan sambungan baru DSDP, serta penanggulangan banjir,”papar Widiana.

 

Disisi lain ia juga menyampaikan realisasi usulan Musrenbang RKPD tahun anggaran 2019 kecamatan Kuta, yaitu bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi senilai Rp 13.490.988.844. Bidang Kesehatan senilai Rp 5.249.720.412, Bidang Pembangunan Ekonomi senilai Rp. 8.252.968.140, Bidang Sarana Prasarana Wilayah, Perumahan dan Pemukiman senilai Rp. 17.619.243.328, Bidang Pariwisata, Pertanian dan Kebudayaan senilai Rp 4.242.812.752. (GAY)
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!