TPID Bali Mampu Redam Inflasi

posbali.id

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Tak bisa dipungkiri jika kinerja TPID Provinsi Bali selama ini mampu meredam infl asi daerah sepanjang 29 tahun terakhir. Bagaimana tidak, infl asi Bali turun tajam dari 8,43 persen tahun 2014 menjadi 2,75 persen tahun 2015.

Angka tersebut juga merupakan angka infl asi terendah sejak tahun 1986, berdasarkan catatan BPS Provinsi Bali yang rata rata tercatat infl asi dari tahun 2011 hingga 2015 sebesar 5,56 persen lebih rendah dari rata rata nasional 5,63 persen.

TPID Provinsi Bali dinilai memiliki program khusus yang berhasil secara efektif mengendalikan harga, di antaranya penandatanganan komitmen bersama pengendalian infl asi dan SK pembentukan TPID di masing masing wilayah kerja secara serentak awal tahun 2015 lalu oleh Kepala Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. “Keberhasilan TPID Provinsi Bali dalam menjaga stabilitas ekonomi di Bali, tidak terlepas dari koordinasi dan sinergi yang baik antarinstansi,” tegas Causa Iman Karana, Kepala KpW BI Bali di Denpasar, Selasa (9/8).

Sinergitas yang dimaksud Iman adalah dengan secara bersama melaksanakan operasi pasar, pasar murah, pemantauan jalur distribusi, sidak, pengelolaan ekspetasi masyarakat melalui talkshow TPID di media. “Hal ini dilakukan sebagai upaya menjaga ketersediaan barang terutama menjelang hari hari besar keagamaan,” katanya.

Di samping itu, lanjutnya, keterlibatan masyarakat dalam upaya menjaga pengendalian infl asi juga terlihat dari program TPID dalam menggerakkan masyarakat untuk turut serta menanam komoditas hortikultura, yang menjadi penyumbang infl asi di halaman rumah, sebagai penyangga terhadap pangan dalam waktuwaktu tertentu melalui urban farming. “Selain itu, TPID juga memiliki program khusus yang efektif mampu memantau harga melalui website Pusat Harga Pangan dan Komoditas Strategis, di samping juga melakukan kesepakatan dengan pemerintah kabupaten/kota,” imbuhnya.

Dengan adanya website ini, diharapkan masyarakat luas dapat memperoleh informasi mengenai perkembangan harga komoditas pangan secara harian. Sehingga, dapat mengelola ekspetasi masyarakat yang diperlukan dalam pengendalian infl asi. “Melalui berbagai terobosan yang telah dilakukan, TPID Provinsi Bali berhasil meraih penghargaan TPID Provinsi terbaik di Kawasan Timur Indonesia,” jelasnya.

Penghargaan yang diterima TPID Provinsi Bali, tidak sekonyong-konyong diterima. Bali harus bersaing ketat dengan 14 provinsi lainnya. “Kategori TPID terbaik itu diberikan pada daerah yang telah membentuk TPID dan menjadi sampel penghitungan IHK oleh BPS,” ungkapnya.

Meski TPID Provinsi Bali berhasil menggondol predikat terbaik, namun keberuntungan belum berpihak pada TPID Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, meski keduanya telah masuk dalam nominasi. “Dengan adanya penghargaan yang diberikan saat Rakornas lalu tujuannya untuk memacu upaya dalam pengendalian infl asi di setiap kabupaten/kota di Provinsi Bali guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bali,” tandasnya. 016

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!