Tirtawan Janjikan Hadiah Bagi Penangkap Pembuang Sampah di Bajra Sandhi

posbali.id

DENPASAR, POS BALI.ID- Anggota Komisi I DPRD Bali dari Dapil Buleleng, Nyoman Tirtawan, menjanjikan hadiah uang tunai bagi Satpol PP maupun masyarakat umum yang berhasil menangkap warga yang membuang sampah sembarangan di kawasan Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar (Kawasan Bajra Sandhi).

“Bagi Satpol PP yang bertugas di kawasan Lapangan Bajra Sandi-Renon, atau masyarakat umum, jika bisa menangkap siapapun yang membuang sampah bukan pada tempat yang disediakan, saya berikan penghargaan RP. 500.000 per tangkapan. Maksimal tangkapan 10 orang,” kata Tirtawan melalui sambungan telpon, Kamis (11/10).

Nyoman Tirtawan
Politukus vokal partai NasDem yang dikenal peduli lingkungan, dan selama ini aktif dalam kegiaatan membersihkan sampah di beberapa daerah di Bali, ini mengaku gerah dengan perilaku warga yang membuang sampah sembarangan di kawasan Lapangan Bajra Sandhi, Renon.

” Di lapangan Banjra Sandhi-Renon masih saja ada orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Tanggal 7 Oktober lalu sekitar pukul 20.30 Wita saya temukan hamparan sampah di TKP (Area Bajra Sandi),” sesalnya.

Tirtawan mengatakan, kawasan Bajra Sandhi seharusnya bebas dari tumpukkan sampah liar. Ia meminta Satpol PP untuk menindak tegas pelaku pembuangan sampah sembarangan di Kawasan Bajra Sandhi.

“Yang buang sampah sembarangan harus ditindak tegas. Setiap hari ada banyak orang melakukan aktivitas berolahraga di sana. Ada juga wisatawan yang mengunjugi monumen Bajra Sandhi. Seharusnya tidak boleh ada sampah berserakan di areal Bajra Sandhi itu,” tegas Tirtawan.

Untuk diketahui, Tirtawan dikenal vokal menyuarakan terwujudnya Bali Clean and Green. Salah satu yang terus disuarakannya adalah terkait penanganan sampah di Bali.

Salah satu usulan brilian Tirtawan untuk mengatasi masalah sampah di Bali adalah mendorong penggunaan sampah sebagai sumber energi terbarukan untuk menghasilkan energi listrik di pembangkit listrik Celukan Bawang, Buleleng.

Di beberapa negara di Eropa, kata dia, sampah bisa diolah sebagai sumber energi listrik. “Teknologi untuk mengolah sampah menjadi sumber energi listrik itu sudah ada. Di Jerman dan negara lainnya sudah menerapkan teknologi itu,” kata Tirtawan belum lama ini.

Menurut dia, ada banyak manfaat yang diperoleh dengan memanfaatkan sampah sebagai sumber energi listrik. Selain sumber energi listrik Celukan Bawang ramah lingkungan, masalah sampah di Bali juga dengan sendirinya teratasi. Sampah-sampah yang ada di Bali bisa dibawa ke Celukan Bawang untuk diolah menjadi sumber energi listrik.

“Sampah-sampah yang ada tidak menumpuk lama di tempat pembuangan sampah, semuanya dibawa ke Celukan Bawang. Sumber energi listrik ramah lingkungan dengan menggunakan sampah. Masalah sampah di Bali bisa teratasi. Kita bisa mewujudkan Bali Green and Clean,” ujarnya.

Ia menambahkan, sampah-sampah itu juga bisa bernilai ekonomis. “Pemprov Bali bisa menjual sampah tersebut ke perusahaan pembangkit listrik di Celukan Bawang itu. Jadi masalah sampah bisa diatasi, uang juga dapat. Tinggal nanti disiapkan Container dan diangkut dengan kapal laut ke Celukan Bawang,” kata Tirtawan. (*)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

4 tanggapan untuk “Tirtawan Janjikan Hadiah Bagi Penangkap Pembuang Sampah di Bajra Sandhi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!