Tingkatkan Pariwisata Bali, Gelorakan Aksi Sapta Pesona

posbali.id

Tingkatkan Pariwisata Bali, Gelorakan Aksi Sapta Pesona

 

BULELENG, POS BALI ONLINE – Meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali, bukan saja dilihat dari segi keindahan alam yang ada. Keindahan alam itu, bisa terwujud dengan baik jika dibarengi dengan kebersihan lingkungan. Dengan kebersihan lingkungan inilah, kunjungan wisatawan akan meningkat drastis, karena merasa nyaman akan keindahan alam yang bersih dan asri. Untuk itu, Pemprov. Bali melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Prov. Bali, melalakukan aksi Gerakan Sapta Pesona, di Lapangan Letkol. Wisnu, Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Gerakan Sapta Pesona ini melibatkan, puluhan masyarakat dan pelajar, serta menggandeng Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buleleng, pada Jumat (12/8) pagi. Yang dihadiri juga 6 Perbekel yang ada di seputaran wisata Kecamatan Gerokgak, Gerakan Sapta Pesoa ini diawali, dengan kegiatan bersihbersih, yang kemudian dilanjutkan dengan Sosialisasi tentang Gerakan Sapta Pesona, untuk menunjang Pariwisata Bali.

Mengingat, Bali yang menjadi barometer Pariwisata Nasional, harus mampu menopang dari program Pemerintah Pusat terkait dengan target kunjungan wisatawan, yang mencapai 20 juta hingga tahun 2018. Tentunya, target ini harus dibarengi dengan prilaku kesadaran masyaraka akan kebersihan lingkungan, terutama di kawasan-kawasan objek Pariwisata dan lingkungan sekitar lainnya.

Kepala Bidang (Kabid) Sumber daya Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Ni Ketut Nuriani mengatakan, dengan Gerakan Sapta Pesona ini nantinya, sangat diharapakan masyarakat bisa sadar akan kebersihan lingkungan, untuk menunjang kunjungan wisatawan ke Bali. Sehingga, nantinya mampu menjalin sinergitas baik Pemerintah, Swasta, maupun masyarakat, untuk dapat mencapai perkembangan Pariwisata Bali, yang lebih meningkat.

Nuriani pun tidak memungkiri, saat Bali memang menjadi barometer terhadap perkembangan Pariwsata Nasional. Dengan berbekal Budaya yang masih khas, Bali masih memiliki target kunjungan wisata yang meningkat setiap tahunnya. Sehingga, untuk menarik wisatawan lebih banyak berkunjung ke Bali, maka yang lebih utama diperhatikan yakni, terkait kebersihan lingkungan.

“Diharapkan masyarakat itu bisa sadar akan memelihara lingkungan sekitarnya, terutama kawasan pariwisata, karea itu adalah icon dari kemajuan suatau daerah. Dengan demikian, jika itu terjalin dengan baik, maka sinergitas jelas bisa tercapai dalam mendukung pariwisata di Bali. Karena kita tahu, program pemerintah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 20 juta, makanya ini harus didukung melalui lingkungan,” ujar Nuriani, usai kegiatan Gerakan Sapta Pesona.

Nuriani pun memaparkan, berdasarkan data Dinas Pariwisata Prov. Bali, pada tahun 2105 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali mencapai 4 juta lebih. Sedangkan, wisatawan lokal atau Nusantara ke Bali mencapai 7 juta lebih. Angka ini meningkat, dibandingakan dengan tahun 2014. Namun untuk 2016, Nuriani meyakini, ada penigkatan yang cukup baik. “Kami sudah mengupayakan, agar wisatawan lebih banyak berkunjung ke Bali, dengan peningkatan dari segi kuantinas dan kualitas. Sehingga, kami yang sebagai tuan rumah, bisa membuat para wisatawan itu nyaman, berkunjung ke Bali,” jelas Nuriani.

Sementara Kepala Disbudpar Buleleng, Nyoman Sutrisna, yang juga hadir dalam kesempatan itu menambahkan, melalui Gerakan sapta pesona ini, tentunya mampu untuk menunjang pariwisata secara berkelanjutan. Caranya, lanjut kata dia, dengan mengajak unsur masyarakat untuk menjafa lingkungan pariwisata agar tetap bersih dan indah. Sehingga, potensi ini harus digali dengan bersinergi melalui konsep 5 pilar yakni diantaranya, Pemerintah, Swasta, Perguruan Tinggi, Masyarakat, dan Insan Media.

“Khusus untuk pengembangan parisawata Buleleng, kami sudah menganut 4 strategi, ada di wilayah Barat, Tengah, Selatan, dan Timur. Ini kami kembangkan sesuai dengan potensi dari lokasi wilayah itu. Sehingga, strategi pariwsata berkelanjutan bisa berjalan dengan baik. Selain lingkungan, perbaikan infrastruktur juga perlu. Sehingga, sapta pesona ini mampu untuk dilakukan dengan peningkatan SDM,” pungkas Sutrisna.

Diakhir kegiatan, Kabid Sumber daya Pariwasata Dinas Pariwisata Bali, Nuriani, didampingi Kadisbudpar Buleleng, Sutrisna, menyerahkan perangkat alat-alat kebersihan kepada perwakilan keenam perbekel yang diwakili Perbekel Sumberkima, secara simbolis. Yang kemudian dilanjutkan dengan, kegiatan penanaman 3 bibit pohon, di areal Lapangan Letkol. Wisnu, Desa Sumberkima, Buleleng. 018

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *