Tingkatkan Mutu Pembelajaran, FSP ISI Denpasar Laksanakan Studi Banding

posbali.id
Studi banding FSP ISI Denpasar di ISI Surakarta

DENPASAR, posbali.id – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan mutu pembelajaran, Fakultas Seni Pertunjukan Institut Seni Indonesia (FSP ISI) Denpasar menggelar studi banding ke ISI Yogyakarta dan Surakarta, Rabu (3/10) s.d. Jumat (5/10) lalu. Studi Banding dipimpin langsung Dekan FSP ISI Denpasar, Dr. I Komang Sudirga, S.Sn.,M.Hum.

“Studi banding ini dilaksanakan sebagai sarana bertukar informasi merespon berbagai kebijakan pusat yang terus berubah demi kemajuan bersama. Kami juga saling berbagi (sharing) tentang berbagai hal, seperti menyangkut isu-isu terkini dan juga wacana Revolusi Industri 4.0 yang sedang hangat diwacanakan terutama pengintegrasiannya ke dalam kurikulum berbasis pendidikan tinggi (KPT),” kata Sudirga sebagaimana disampaikan Humas I Gede Eko Jaya Utama, SE., MM, di Denpasar, Kamis (11/10) di ISI Denpasar.

Pada hari pertama delegasi FSP ISI Denpasar menyambangi FSP ISI Yogyakarta. Di sana, kedua pihak melaksanakan pertemuan yang membahas kerjasama antar kedua institusi. Pertemuan digelar di Ruang Kuliah Umum Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta. Hadir pada pertemuan tersebut adalah Wakil Rektor I ISI Yogyakarta, Prof Dr. I Wayan Dana, M.Hum; Dekan FSP ISI Yogyakarta Prof. Dr. Hj. Yudyariani, MA; Wakil Dekan I  Dr. Bambing Pujasworo, M.Hum, Wakil Dekan II Suryanto Wijaya,S.Mus., M.Mum., Wakil Dekan III Dr. Citra Wiguna, SSn.MSn, dan pejabat lainnya.

Menurut Prof. Dr. I Wayan Dana, M.Hum, ISI Denpasar yang telah meraih akreditasi A untuk institusi, dan 80 persen A untuk program studi patut untuk dijadikan sebagaipartner dan kompetitor yang dapat memacu spirit peningkatan kualitas pembelajaran dan peningkatan mutu akademik  serta pengabdian kepada masyarakat.

Ia menghimbau kepada seluruh pimpinan FSP agar memberikan informasi seluas-luasnya terkait dengan sharing informasi dalam diskusi sebaliknya menimba informasi sebanyak-banyaknya terkait dengan keunggulan-keunggulan yang ada di ISI Denpasar. Selanjutnya, ia pun menjelaskan sejumlah capaian dan keunggulan yang telah diraih institusianya, yang sekiranya dapat dibandingkan dengan ISI Denpasar, seperti keunggulan sumber daya Jurusan Seni Musik yang telah go internasional, memiliki fasilitas Perpustakaan Seni Musik sangat memadai, dan masih banyak  lagi.

Pada hari kedua, tim studi banding FSP ISI Denpasar melanjutkan kunjungan ke FSP ISI Surakarta. Di sana rombongan FSP ISI Denpasar disambut langsung oleh Wakil Rektor I, Dr. I Nyoman Sukerna, SS. Kar., M.Hum, Dekan FSP ISI Surakarta Dr. Sugeng Nugroho, S.Kar., M.Hum., dan Wakil Dekan I FSP ISI Surakarta, Dr. Aton Rustandi Mulyana, SSn., M.Sn. Di sana mereka melihat proses belajar mengajar yang tengah berlangsung di lingkungan FSP ISI Surakarta.

Dalam sambutanya, Wakil Rektor I ISI Surakarta Dr. I Nyoman Sukerna, SSKar., M.Hum menekankan pentingnya keberlanjutan atas berbagai program yang telah direncanakan. Sukerna juga menyinggung tentang akreditasi institusi, dimana ISI Denpasar sudah mendapat nilai A dan ISI Surakarta masih B. Dinyatakan ISI Surakarta dalam waktu dekat juga akan mengusulkan Re-akreditasi Institusi.

Selanjutnya, masing-masing Ketua Prodi FSP ISI Denpasar disebar sesuai bidangnya untuk berkomunikasi langsung pada kaprodi dan jajarannya FSP ISI Denpasar. Rombongan FSP ISI Denpasar  secara langsung melihat suasana  pembelajaran di Jurusan Seni Pedalangan, Jurusan Tari, Jurusan Teater, Jurusan Karawitan, Jurusan Etnomusikologi. eri

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!