Tim Penilai WTN Apresiasi Program Trans Serasi Tabanan

posbali.id

TABANAN, POS BALI ONLINE – Program Trans Serasi yang merupakan program unggulan Kabupaten Tabanan, telah mampu menjadi percontohan bagi daerah lainnya, sehingga beberapa daerah telah mengadakan studi banding ke Kabupaten Tabanan.

Program Trans Serasi yang diterapkan Pemkab Tabanan mendapat apresiasi dari tim penilai Wahana Tata Nugraha (WTN) Kementerian Perhubungan RI. Hal tersebut diungkapkan Ketua Tim Penilai Kementerian Perhubungan RI, Mohammad Malawat saat memaparkan hasil penilaian WTN Kabupaten Tabanan, Kamis (11/8) di Kantor Bupati Tabanan. Tim dari pusat diterima langsung oleh Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya didampingi anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Made Suardika, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Tabanan Agus Harta Wiguna, unsur Muspida, serta pimpinan SKPD terkait.

Wabup Sanjaya mengucapkan terima kasih kepada tim penilai, karena sudah memberi masukan positif dan memberikan apresiasi terhadap program unggulan Pemkab Tabanan  di bidang lalu lintas. Menurutnya, suatu negara dianggap maju apabila lalu lintasnya terkontrol dengan baik dan berjalan lancar. “ Ukuran keberhasilan seorang pemimpin di sebuah negara bisa dilihat dari lancar tidaknya laju lalu lintas di negara tersebut. Apabila lalu lintasnya lancar tanpa terkendala macet sedikitpun, artinya pemimpin tersebut bisa dikatakan sukses,” ujarnya.

Dia pun berharap Tabanan bisa menjadi smart city dengan melengkapi CCTV di jalan raya, sehingga akan bisa memantau para pengguna kendaraan bermotor. “ Kami punya banyak impian untuk Kabupaten Tabanan, namun impian tersebut tidak akan bisa terealisasi tanpa bantuan pemerinah pusat. Sehingga, dibutuhkan komunikasi dan koordinasi yang intens antara pemerintah pusat dan daerah, sehingga bisa terwujud Tabanan tertib lalu lintas,” harapnya.

Sementara Mohammad Malawat mengatakan, penilaian WTN untuk Kabupaten Tabanan secara umum sudah sangat baik, meski masih diperlukan perawatan dan pembenahan di beberapa titik. Menurutnya, program unggulan Trans Serasi merupakan sebuah terobosan jitu untuk mengantisipasi masalah lalu lintas yang biasa dihadapi oleh beberapa kabupaten/kota. “ Program ini merupakan terobosan jitu dan pantas dijadikan contoh oleh daerah lainnya. Sejauh ini secara umum penilaian WTN di Tabanan sudah cukup baik, cuma perlu sedikit pembenahan di beberapa titik,” ungkapnya.

Menurutnya, tujuan dari penilaian ini adalah untuk meningkatkan penyelenggaraan transportasi di kawasan perkotaan yang andal, berkelanjutan dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan, serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam disiplin berlalu lintas untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. “ Ada beberapa tahapan yang harus dinilai seperti penilaian dokumen administrasi, survei teknis dan terakhir   komitmen-komitmen kepala daerah serta kebijakannya,” imbuhnya.

Agus Harta Wiguna mengatakan, di tahun 2016 ini pihaknya beserta jajaran terus bekerja keras untuk memperoleh WTN, dengan melakukan beberapa hal. Seperti perbaikan marka jalan dan trotoar secara bertahap karena kondisi sebelumnya cukup parah. Selain itu, juga dilakukan pembangunan prasarana angkutan/halte serta melakukan sosialiasi, bimbingan dan penertiban kepada para pengguna jalan. 015

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

3 tanggapan untuk “Tim Penilai WTN Apresiasi Program Trans Serasi Tabanan

  • 26/10/2018 pada 1:09 PM
    Permalink

    【帶我去旅行宜蘭外澳】海灘新風情。海鮮吃到飽 ♥♥浪漫二天一日閃光小旅行 @ B2B崔咪TRAMY :: 痞客邦 :: 今天是小閃光旅遊文~~~ 哀阿不是我要故意放閃光閃大家啦, 只是最近,終於..我和H終於找到可以喘息的機會, 去了一趟宜蘭好好放鬆一下~同時也要好好照顧自己跟另一半的健康, 就攜帶著桂格燕麥飲一起到宜

    Balas
  • 25/11/2018 pada 3:08 AM
    Permalink

    Manchester United defender Chris Smalling is enjoying ‘bullying’ opposing forwards and says he is comfortable playing alongside centre-back partner Daley Blind. Manchester United defender Chris Smalling relishing his role ‘bullying’ strikers and is enjoying partnership with Daley Blind 

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!