Tiga Paslon Dijagokan PDIP Jalani Tes Kesehatan

posbali.id

DENPASAR, POSBALI.ID – Tiga pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang akan bertarung dalam Pilgub Bali, Pilbup Gianyar, dan Pilbup Klungkung 2018 menjalani tes kesehatan di RSUP Sanhlah, Rabu (10/1) pagi. Ketiga paslon tersebut yakni paket Koster-Cok Ace (cagub-cawagub Bali), paket AMAN (cabup-cawabup Gianyar), dan paket Bagia (cabup-cawabup Klungkung). Mereka tampak telah mendatangi RSUP Sanglah sekitar pukul 06.30 Wita dan dijadwalkan menjalani sejumlah pemeriksaan kesehatan.

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Cagub-Cawagub dan Cabup-Cawabup yang juga merupakan Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, Dr. dr. I Ketut Sudartana, Sp.B(KBD) menyatakan pemeriksaan kesehatan cagub-cawagub dan cabup-cawabup yang dipusatkan di ruangan Wing Amerta RSUP Sanglah Denpasa itu melibatkan 18 dokter spesialis tingkat II (konsultan). Kedelapanbelas dokter spesialis itu terbagi dalam sejumlah pos sesuai dengan standar teknis yang disepakati tim kesehatan dan Komisi Pemilihan Umum, Jumat (5/1/2018). “Secara umum pemeriksaan terdiri dari pemeriksaan kesehatan fisik, pskiatri, psikologi, dan pemeriksaan bebas narkoba,” katanya.

Pemeriksaan fisik terdiri dari pemeriksaan nyakit dalam, jantung, paru, bedah (bedah ortopedi dan bedah urologi), mata, dan THT (telinga hidung tenggorok). Selain itu akan dilakukan cek laboratorium yang wajib berkaitan dengan fungsi hati, ginjal, dan kolesterol. “Proses (pemeriksaan) sedang berlangsung sampai pukul 16.00 Wita nanti. Hasil pemeriksaan fisik, psikologi, dan bebas narkoba nanti akan disetorkan tanggal 16 Januari ke KPU Provinsi Bali, Kabupaten Gianyar, dan Kabupaten Klungkung. Kita masih menunggu pemeriksaan tim psikologi dari Himpsi (Himpunan Psikologi Infonesia) dan BNN (Badan Narkotika Nasional),” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali, Dewa Raka Sandi menegaskan pemeriksaan kesehatan tersebut diatur berdasarkan waktu pendaftaran. Paslon yang mendaftar pada hari pertama, Senin (8/1) dijadwalkan melakukan pemeriksaan Rabu (10/1/2018), sedangkan paslon yang mendaftar di hari kedua dan ketiga akan dijadwalkan cek kesehatan pada Kamis (11/1/2018). “Sementara pemeriksaan rohani atau psikologi nanti akan dilaksanakan di kantor KPU Bali secara serentak, pada tanggal 13 Januari nanti,” katanya. eri

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *