THR Pemangku di Klungkung Dijatah Rp 500 Ribu 2 Kali Setahun

posbali.id

KLUNGKUNG, POS BALI.ID – Kelihan Banjar Adat, Pemangku, Kelihan Subak Sawah, dan Kelihan Subak Abian di setiap Desa Pakraman di Klungkung pada tahun 2018 ini masing-masing hanya digelontor Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar Rp 500.000 dua kali dalam setahun. Hal itu terungkap sesuai dengan surat edaran Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra tertanggal 27 Desember 2017 yang ditujukan ke Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (PMDPP-KB).

Adanya THR itu, berbarengan dengan Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Kabupaten Klungkung yang diperuntukan ke Desa Pakraman di Klungkung. Seperti yang disampaikan Kepala Dinas PMDPP-KB, Wayan Suteja ke POS BALI, Rabu (7/2) kemarin bahwa selain THR ada juga bantuan kepada Desa Pakraman Rp 15 juta, kemudian diperuntukan ke tunjangan insentif Bendesa Rp 1 juta setiap bulan, kepada Subak Sawah Rp 10 juta dan ditujukan ke bantuan keuangan Subak Abian Rp 7 juta.

“Nanti yang menjadi indikator keberhasilan dari BKK Pemkab Klungkung ke Desa Pakraman, Subak Sawah dan Subak Abian ialah terwujudnya pembangunan desa, pemberdayaan, pelestarian dan pengembangan nilai-nilai adat istiadat dan seni budaya,” kata Suteja seraya mengharapkan Prajuru Desa Pakraman, Subak dan Subak Abian untuk berperan aktif dalam pelaksanaan bantuan secara ekonomi, efektif, transparan, demokratis dan akuntabel.

Berbeda dengan BKK Provinsi Bali yang diperuntukan ke Desa Pakraman, Subak dan Subak Abian ke Kabupaten/Kota di Bali pada tahun 2018 ini nilainya mencapai Rp 225 juta atau mengalami kenaikan sebesar Rp 25 juta dari tahun sebelumnya hanya berjumlah Rp 200 juta.

Dalam petunjuk teknisnya, Kepala Dinas PMD Provinsi Bali Ketut Lihadnyana menjelaskan BKK ke Kabupaten/Kota untuk Desa Pakraman itu dapat dipergunakan sebagai operasional sebesar Rp 20 juta, kegiatan peningkatan kapasitas SDM maksimal sebesar Rp 10 juta, hingga untuk bage parahyangan dan palemahan yang disesuaikan dengan skala prioritas dan kebutuhan Desa Pakraman setempat. Sedangkan BKK ke Kabupaten/Kota untuk Subak dan Subak Abian sebesar Rp 50 juta yang nantinya bisa dipergunakan sebagai operasional maksimal sebesar Rp 5 juta dan bage parahyangan serta palemahan.022

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

17 tanggapan untuk “THR Pemangku di Klungkung Dijatah Rp 500 Ribu 2 Kali Setahun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!