Terus Mendengar Gamelan dan Nyanyian Nyi Roro Kidul, Kesurupan Masal Tari Rejang Bupati Tabanan Berlanjut

posbali.id

Tabanan, posbali.id – Ternyata kerauhan atau kesurupan masal saat berakhirnya pementasan Tari Rejang Sandat Ratu Segara  yang digarap Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti di Tanah Lot pada Sabtu sore (18/8/2018) sekitar pukul 18.00 WITA, masih berlanjut hingga Senin (20/8). Puluhan penari dari SMPN 2 dan 3 Selemadeg Timur kesurupan di sekolahnya. Akhirnya oleh pihak sekolah, siswi tersebut diantar ke Pura Tanah Lot, sekitar pukul 16.00 WITA untuk menghaturkan guru piduka sebagai permohonan maaf dan sekaligus mepamit.

Kepala Sekolah SMPN 3 Selemadeg Timur, Putu Arta Pujangga menuturkan, siswi yang kesurupan tersebut menceritakan selalu mendengar gamelan dan nyayian Tari Rejang Sandat Ratu Segara, yang identik dengan penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul. Sehingga pihaknya sangat khawatir dengan keadaan siswinya. “Siswi kami terus keserupan,” sebutnya.

Lebih lanjut mengatakan, siswinya yang ikut menari sebanyak 25 orang. Dimana tujuh siswi diantaranya kesurupan saat tarian kolosal tersebut selesai dipentaskan. “Saya kira sudah selesai saat itu juga. Namun mereka kembali berteriak di sekolah,” ujarnya.

Menurutnya, kesurupan terjadi setelah mereka sembahyang di pura sekolah. Dimana kerauhan tersebut pertamakali dari siswa bernama Mia. “Setelah itu menjalar ke siswa lainnya. Dan mereka meminta agar dibawa ke Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Luhur Beji Tanah Lot, menghaturkan guru piduka,” tuturnya.

Dari penuturan salah siswi kelas IX SMPN 3 Selemadeg Timur, Ni Putu Anik Lestari mengaku, keserupan mulai terjadi setelah selesai menari tersebut di Tanah Lot. Kemudian, ia kesurupan lagi setelah berada di rumahnya. Saat ditemui sembahyang di Tanah Lot, temennya yang keserupan sebanyak enam orang. “Kerauhannya di sekolah, selesai sembahyang sekitar pukul 12.00 WITA,” kata remaja ini. alt

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Terus Mendengar Gamelan dan Nyanyian Nyi Roro Kidul, Kesurupan Masal Tari Rejang Bupati Tabanan Berlanjut

  • 27/08/2018 pada 6:01 PM
    Permalink

    Hiya, You’ve got conducted an admirable job. I’m going to undoubtedly bing them and my opinion highly recommend to my pals.. kumpulan youtube terbaik I am sure are going to taken advantage of this amazing site.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!