Tengah Mendata Populasi Babi

posbali.id

KABUPATEN Badung telah memiliki Sentra Peternak Rakyat (SPR) Sapi yang telah dideklarisikan oleh Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta beberapa bulan lalu. Kendati demikian, Badung masih memiliki potensi untuk peternakan lainnya, seperti peternakan babi.

Bahkan Ketua Gabungan Usaha Peternak  Babi Indonesia (GUPBI),  Ketut Ari mengatakan potensi untuk beternak babi di Kabupaten Badung sangat besar, dan bisa menjadi setra peternak babi terbesar.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakanlut) Badung, I Made Badra, Selasa (9/8) kemarin mengaku pihaknya tengah melakukan pendataan jumlah peternak babi serta populasinya. “Ada pemikiran dari pusat bahwa Badung nantinya ada  kegiatan SPR babi. Tentu ini harus melalui proses,” kata Badra.

Proses tersebut, lanjut Badra, pertama, mengindenti
fi kasi jumlah peternak, identifi kasi potensi yang ada di Kecamatan Abiansemal. Termasuk populasi, pemasaran dan sebagainya. Kemudian penditribusian babi pasca panen, serta manajemen pengelolaan dan sebagainya.

“Nanti akan diusulkan tahun depan. Maka perlu ada pengkajian sehingga nanti datanya valid. Inilah yang harus kami iventarisir oleh petugas kecamatan di Abiansemal,” ucapnya.

Lanjut dia, setelah data tersebut lengkap maka akan disampaikan ke Dirjen guna mendapat tanggapan. “Kalau dianggap layak dan bisa diprogramkan nanti tim pusat asistensi ke daerah,” imbuhnya.

Berdasarkan pengamatan, sebut Badra, populasi babi di Kabupaten Badung sangat baik. “Oh bagus(populasinya. red). Kita sih setuju. Karena ini menyakut program berarti ada dari pusat,” pungkasnya. nas

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!