Tarung Pilgub Bali, KRB Terancam Pecah, Duet Dharma-Wirta Mencuat

DENPASAR, POS BALI- Tarik ulur dalam memutuskan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali di Koalisi Rakyat Bali (KRB) masih berjalan alot. Kekuatan KRB masih terbelah dalam memutuskan Cagub yang diusung. Dua nama dijagokan KRB sebagai Cagub, yakni I Ketut Sudikerta dan Ida Bagus Rai Dharmawijaya. Rai Mantra didukung Gerindra, NasDem, Demokrat dan PKS. Adapun Sudikerta disokong Golkar, Hanura, PKPI dan Perindo.

Wakil Ketua Bidang Orpol Pimpinan Daerah Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Provinsi Bali Fachrudin Piliang mengatakan, mengamati dinamika KRB belakangan kini, sulit mengusung satu paket Sudikera-Rai Mantra atau sebaliknya. KRB berpeluang pecah kongsi, antara pengusung Sudikerta dengan pengusung Rai Mantra. Sebab, Sudikerta dan Rai Mantra sama-sama ngotot maju sebagai Cagub. Karena itu, Fachrudin meminta partai Gerindra tak berlarut-larut berproses di KRB tersenut.

Menurut dia, partai Gerindra harus segera memutuskan calon wakil gubernur Bali mendampingi Rai Mantra. TiDAR, organisasi sayap partai Gerindra, kata dia, mengusulkan bupati Klungkung I Nyoman Suwirta sebagai tandem Rai Mantra (Dharma-Wirta). Ia mengaku, aspirasi untuk mendorong Suwirta berpaket dengan Rai Mantra sangat kuat di tengah masyarakat. “Kami mendorong Partai Gerindra menduetkan Suwirta sebagai calon wakil gubernur Rai Mantra. Silahkan paket calon itu dibahas dengan parpol lain pengusung Rai Mantra,” kata Fachrudin di Denpasar, Jumat (24/11).

Mantan aktivis HMI Denpasar ini mengatakan, Gerindra dan koalisinya harus secepatnya memutuskan paket Dharma-Wirta, sehingga kerja-kerja politik untuk memenangkan paket tersebut bisa dimulai. Sebab, salah satu paket calon penantang Dharma-Wirta,
I Wayan Koster dan Tjokorda Oka Ardhana Sukawati alias Cok Ace (diusung PDI-P) sudah mulai melakukan konsolidasi pemenangan. “Jangan sampai kita ketinggalan kereta, karena tarik ulur yang terjadi di KRB. Gerindra sebaiknya langsung menentukan sikap dengan mengusung Rai Mantra-Suwirta,” tegas Fachrudin.

Menurut dia, duet Dharma-Wirta merupakan calon pemimpin ideal bagi Bali. Keduanya memiliki rekam jejak yang baik selama memimpin daerahnya masing-masing. Rai Mantra sukses menorehkan sejumlah prestasi selama dua periode memimpin Kotaua Denpasar. Demikian halnya dengan Suwirta, yang menunjukkan keberpihakannya kepada rakyat selama memimpin kabupaten Klungkung. Secara khusus terkait ketokohan Suwirta, Fachrudin menilai, Dewan Pembina partai Gerindra kabupaten Klungkung ini merupakan tokoh muda dan profesional. “Suwirta dekat dengan rakyatnya. Dia mengembangkan ekonomi kreatif, koperasi. Program-programnya selama ini sangat dirasakan mamfaatnya oleh masyarakat. Beliau tokoh yang tepat untuk menjadi wakil gubernur Bali mendampingi Rai Mantra,” pungkas Fachrudin***

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *