Tanjakan GWK terkenal rawan, perlu akses baru sebagai jalur alternatif

posbali.id
 Kendati rawan, persimpangan GWK tak berisi pelinggih

 

 

MANGUPURA, POS BALI – Kecelakaan maut yang merenggut nyawa di tanjakan GWK, Jumat (13/4) ternyata bukanlah yang pertamakali terjadi di titik terkait. Dimana jalan yang memiliki kemiringan yang ralatif curam tersebut, memang sangat rawan terjadi kecelakaan. Perbedaanya hanya pada kondisi lalulintas jalan yang dulunya masih relatif sepi, kini sudah mulai padat atau krodit. “Kejadian semacam ini sebenarnya pernah terjadi dulu, kalau tidak salah itu tahun 80an. Saat itu sanggah (palinggih) keluarga saya yang ludes tertabrak kendaraan. Itu juga karena dipicu rem kendaraan yang lolos (blong),”ujar salah seorang tokoh masyarakat Ungasan, Wayan Disel Astawa dihubungi Senin (16/4).

 

Diakuinya semula titik kejadian tersebut, yaitu di depan pertigaan GWK adalah jalur yang relatif baru. Dalam artian jalan tersebut baru dibuka setelah adanya GWK. Sebelumnya jalan tersebut tidaklah ada, jalan yang ada itu hanya jalan lurus jalan raya Uluwatu. Karena itu menurutnya, terlepas dari faktor sekala kejadian tersebut. Pihak terkait baik GWK dan Desa adat dinilai perlu melakukan koordinasi, sebab yang namanya rurung agung (jalan besar). Terlebih itu merupakan pertigaan baru, hal tersebut secara niskala perlu dimintakan petunjuk. Sebab kepercayaan di bali itu setiap persimpangan memang diyakini rawan, sehingga diperlukan suatu pelinggih. “Ketika akses jalan itu dibuka, saya kurang tahu apa sudah dilakukan upacara atau bagaimana. Tapi yang jelas dipertigaan itu belum ada pelinggih. Bagaimana pun juga saya rasa ini perlu dipikirkan, apakakah nanti akan bangun palinggih dan siapa yang membangunnya. Apakah GWK atau desa adat dengan koordinasi pihak gwk,”jelasnya sembari menerangjan setelah kejadian maut itu, harusnya dilakukan upacara.

 

Kepadatan lalulintas saat ini tidak dipungkirinya adalah dampak dari sektor pariwisata di Kuta Selatan, dimana wisatawan sangat gemar menikmati panorama pantai berpasir putih dengan hamparan alam yang eksotis. Namun sayangnya hal tersebut belum diimbangi dengan fasilitas yang mendukung, sehingga kekroditan jalan dan kerawanan itu muncul. Karena itulah pihak Pemprop Bali dan Pemkab Badung perlu mensolusikan hal tersebut kedepannya, jika berkomitmen mengajegkan pariwisata. “Solusinya saya rasa memang Ring road itu. Akses jalan lingkar itu yang sangat diharapkan masyarakat, untuk memecah kekroditan sekaligus mengantisipasi kerawanan lakalantas. Jalan lingkar ini baik niko-sawangan dan BPG (Bali Pecatu Graha)-Ayana ini perlu dikejar. Sebab jika jalur itu jadi, maka ini akan memperkecil kecelakaan. Dimana jalur bus dan angkutan berat itu nanti diarahkan kesana, sementara jalur yang sekarang ini bisa dipakai kendaraan yang ratif kecil,”paparnya.

 

Pihaknya meyakini Badung yang memiliki PAD cukup tinggi  mampu melaksanakan hal tersebut. Tentunya itu memang memerlukan waktu yang bertahap, sebab nilai tanah di Kutsel memang tidaklah murah. Entah itu dengan pembebasan lahan dulu, baru dilanjutkan pengaspalan badan jalan. Namun jika melihat dari segi kerawanan dan kemacetan, tentunya hal itu harus disolusikan cepat. “Untuk sementara apakah jalan yabg ada sekarang ini perlu perlebar atau bagaimana. Sehingga space jalan tidak padat. Jika kita tidak berani investasi, maka kita akan selalu mengandalkan perkembangan pariwisata atas gerakan masyarakat,”pungkasnya. GAY
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Tanjakan GWK terkenal rawan, perlu akses baru sebagai jalur alternatif

  • 16/04/2018 pada 7:38 PM
    Permalink

    Halo.
    Saya Mr Rahel Cohran pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman peluang waktu hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda perlu pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak mencari lebih lanjut seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang dengan tarif 2% tanpa biaya di muka. Saya ingin menggunakan media besar ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya kemudian kembali sekarang melalui Email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, ANDA SANGAT BERTEMU.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!