Tangkil ke Pura Sakenan, Prananda Paloh Dapat Wejangan Spiritual

posbali.id

DENPASAR, POS BALI- Ketua Umum Garda Pemuda Nasdem Prananda menyempatkan diri bersembahyang di Pura Sakenan, Serangan, Denpasar, Minggu (8/4/2018). Ia didampingi sejumlah pengurus DPW Partai NasDem Provinsi Bali dan pengurus DPW Garda NasDem Provinsi Bali.

Selain bersembahyang, Prananda juga menyempatkan diri berdiskusi dalam suasana penuh kekeluargaan dengan pemangku Pura Sakenan di Wantilan Pura tersebut.

Dikonfirmasi usai sembahyang, putra Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh ini mengaku mendapat wejangan spiritual dari Pemangku Pura Sakenan, termasuk nasihat dan masukan tentang berbagai persoalan kehidupan terutama di bidang politik.

Lebih lanjut Prananda mengatakan, dirinya sangat senang berkunjung ke tempat suci seperti Pura Sakenan, dan bisa mendengarkan nasehat tokoh agama Hindu di sana.

“Tentu saya merasa lebih tenang karena bagaimanpun tempat ini adalah tempat ibadah dan tempat suci. Jadi kedekatan secara emosional dan spiritual itu menyatu dengan alam semesta,” ujar Prananda.

Ia mengaku tidak jadi soal dirinya datang ke Pura. “Pesan saya, agama boleh apa saja, tetapi saya rasa bagaimanapun agama itu mengajarkan hal yang positif dan baik. Jadi anda muslim misalnya ke Pura salah, atau orang Hindu ke Masjid, salah, itu tidak ada. Itu pun juga sudah ditekankan oleh pemangku agama di sini,” ujarnya.

Prananda melanjutkan, Bali adalah simbol toleransi dan pluralisme di Indonesia. Dengan itu, Bali lebih mudah mengayomi, menerima perbedaan, menjaga toleransi dan seterusnya.

“Saya rasa pesan-pesan seperti itu yang terus diperjuamgkan di Indonesia kita ini. Dan pada akhirnya juga saya mengikuti ritual dengan keyakinan agama saya sendiri. Tapi tetap saya yakin pesan apa itu kedamaian dan keselamatan bagi seluruh umat manusia itu universal,” katanya.

Sementara Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Bali Ida Bagus Oka Gunastawa yang ikut mendampingi Prananda mengatakan, kedatangan politisi muda ke Pura Sakenan itu untuk sowan dengan tokoh agama Hindu di Pura tersebut.

“Kita sowan dengan tokoh agama yang ada di Pura Sakenan. Dan kita mendapatkan satu hal yang luar biasa mendapatkan wejangan-wejangan, bagaimana berpolitik yang didasari oleh hal yang baik,” kata Gunastawa.

Menurut dia, nilai-nilai politik itu menjadi satu modal dasar bagi partai NasDem dan genarasi muda partai NasDem khususnya, yaitu Garda Pemuda Nasdem. “Bagiamana melihat Bali dan Indonesia ini ke depan berangkat dari satu upaya melakukan kebaikan yang tulus dan ikhlas, tidak ada motivasi apapun kecuali mengembang tugas-tugas kepartaian dan menjadi warga negara yang baik,” ujarnya.

Ia mengungkap pertimbangan Prananda memilih berkunjung ke Pura Sakenan. Pura Sakenan merupakan salah satu Pura yang cukup sentral posisinya di Bali.

“Kita memohon doa dan restu dari alam semesta, dan dari sini kita berangkat jika segala sesuatunya didasari oleh doa dan restu dari alam semesta. Kami menyakini dalan melaksanakan tugas-tugas kedepan khususnya Partai Nasdem semoga mendapat jalannya untuk mendedikasikan seluruh tenaga, pikiran dan waktu dan segalah-galanya demi kepentingan Indonesia dan khususnya Bali yang kita cintai,” jelasnya

Gunastawa melanjutkan, Garda Pemuda Nasdem dan juga seluruh pengurus Nasdem harus menjadi teladan bagi seluruh element masyarakat yang ada.

“Karena pada intinya membangun bangsa ini didasari dengan niatan yang baik. Saya kira itu sudah dipraskasi oleh Ketua Umum Partai NasDem Bapak Surya Paloh,” katanya.

Untuk diketahui, sehari sebelumnya, Sabtu (7/4/2018), Prananda melantik pengurus DPW Garda NasDem Provinsi Bali dan DPD Garda NasDem kabupaten/Kota se-Bali. (*)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *