Tampilkan “Mapeed”, ISI Denpasar Kontingen Inti Indonesia dalam Chingay Parade Singapore

posbali.id
Kontingen ISI Denpasar saat melakoni latihan di kampus setempat

DENPASAR, posbali.id – Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar didaulat mewakili Provinsi Bali sebagai Kontingen Indonesia dalam helatan Chingay Parade di Singapura, Jumat (15/2) s.d. Sabtu (16/2). Mereka akan bergabung dengan tim dari 10 provinsi lainnya, sekaligus berperan sebagai tim inti.

Rektor ISI Denpasar, Prof. Dr. I Gede Arya Sugiartha, S.S.Kar, M.Hum di sela-sela latihan dan pembekalan tim kesenian ISI Denpasar akhir pekan lalu mengatakan, Chingay Parade merupakan parade tahunan yang digelar serangkaian Imlek. Sejumlah negara Asia dan Asean selalu diundang untuk turut berpartisipasi dalam parade budaya itu, termasuk salah satunya adalah l Indonesia.

“Parade ini digelar tiap tahun, kita (Bali) sering ditugaskan sebagai Kontingen Indonesia. Namun, tahun ini Bali diberikan kesempatan sebagai tim inti. Sebagai tim inti kita bersempatan mendapatkan display (penampilan) yang strategis pada acara yang ditonton langsung Presiden dan Perdana Menteri Singapura itu,” ucapnya di Kampus ISI Denpasar.

Sebagai penampil unggulan Indonesia, ISI Denpasar akan menampilkan formasi parade yang diambil dari keagungan tradisi mapeed. Pihaknya akan mengemas bagaimana semarak tradisi mapeed di Bali, dengan menampilkan bandrangantedung, dan kober hingga menjadi sebuah garapan yang artistik.

“Jadi tradisi mapeed itu yang kita jadikan sumber inspirasi garapan seni. Selain itu, kita juga menggarap musik Kontingen Indonesia, dengan memadukan musik barat dan instrumen tradisional,” jelasnya.

Setelah pelaksanaan parade pada tanggal 15 dan 16 Februari, lanjut Arya, tim ISI Denpasar juga akan mengisi workshop tari Bali. Kegiatan itu dijadwalkan akan digelar di Kedutaaan Besar RI di Singapura dalam acara coffee morning.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama ISI Denpasar, I Ketut Garwa, S.Sn., M.Sn. menambahkan, untuk dapat tampil di parade itu, pihaknya telah menyiapkan diri selama sebulan terakhir. Adapun peserta yang akan disertakan yakni sebanyak 40 orang. Para peserta merupakan mahasiswa pilihan dari yang terpilih, terbaik dari yang terbaik.

“Peserta yang masuk sebagai Kontingan Indonesia di parade ini adalah mahasiswa semester 3-5 Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar, yang terbaik dari yang terbaik hasil seleksi kami,” ucapnya yang juga bertindak sebagai koordinator lapangan. eri

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!