Taman median jalan di simpang Tuban dipangkas untuk manuver kendaraan

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Taman Median jalan yang berada di akses pintu keluar dari Tuban, tepatnya di depan masjid Asasut Taqwa, Senin (9/7) kemarin tampak berantakan. Dimana area tengah taman yang belum lama ini selesai ditata tersebut kini dibongkar oleh beberapa pekerja. Bukan hanya itu, beberapa taman kecil yang berada di depan masjid juga dibongkar. Dari informasi di lapangan diketahui hal tersebut kabarnya untuk pelebaran jalan, sebagai akses yang akan dilalui rombongan delegasi IMF World Bank 2018.

 

Kadis LHK kabupaten Badung, I Putu Eka Merthawan tidak memungkiri pembongkaran area dalam taman tersebut. Bahkan hal itu dilakukan oleh pihaknya, terkait dengan fasilitas penunjang Underpass Ngurah Rai nantinya. Dimana beberapa ruas taman akan dipangkas untuk menghindari terjadinya kemacetan atau bottle neck, dari arah bandara dan Jimbaran. “Kondisi taman itu memang akan dikurangi untuk keperluan jalan. Jalan itu kan milik nasional, jadi balai yang semula mengurangi taman itu untuk jalan. Beberapa taman median dan patungnya akan hilang, begitu juga taman kecil didepan masjid itu juga dihilangkan. Itu adalah untuk memperlebar akses manuver kendaraan agar tidak menumpuk di barat. Tapi tetap akan ada taman disana, namun tidak selebar sekarang,”terang Eka Merthawan.

 

Ditegaskannya penataan taman tersebut adalah demi keperluan nasional, terkait perhelatan IMF. Karena jalan itu adalah jalan nasional dan pihak terkait ingin menata kembali taman tersebut, maka pihaknya siap melakukan penataan demi keperluan nasional. Sebelum proyek itu dikerjakan, pihaknya mengaku telah berkoordinasi sejak setahun yang lalu, terkait penataan ulang taman untuk mendukung underpass. “Jadi kita yang menata taman, dan fisik yang berat itu dikerjakan balai. Untuk taman ini kita tata menggunakan APBD Badung, kurang lebih mencapai Rp 80 juta,”sebutnya.

 

Dipaparkannya titik taman yang paling banyak akan terpangkas berada disamping posko kepolisian yang berjaga di simpang dari arah bandara menuju ke bundaran. Dimana kurang-lebih sepanjang 8 meter taman akan terpangkas, agar arus manuver membelok kendaraan menjadi lebih lebar. Sementara bentuk taman juga akan menyesuaikan dengan kondisi tersebut, sehingga keberadaan taman tersebut benar-benar akan mempercantik tampilan underpass dan pintu utama masuk ke Bali tersebut. “Bentuk taman nanti kesannya bersih, rapi dan ada air mancur nanti. Airport Ngurah Rai ini kan airport berkelas dan internasional, jadi kita akan tata secantik mungkin,”jelasnya.

 

Jenis tanaman yang nantinya ditanam diakuinya juga akan memberikan kesan yang indah dan artistik. Sehingga bentuk tampilan taman bisa sekeren mungkin dan posisinya agak ditinggikan. Untuk taman yang nantinya terkena pembongkaran, hal itu diakuinya akan dipulindahkan ke taman yang ada di samping badan jalan. “Sebelum IMF taman itu harus sudah jadi, jadi kita ngebut kerjakan ini. Malam juga kita kerjakan, setelah lelang pemenang tender maka langsung dikerjakan,”pungkasnya.

 

Selain taman tersebut, taman di jalan Uluwatu 2 dan akses keluar masuk tol dari gerbang Nusa Dua diakuinya juga akan dan sudah ditata. Dimana median taman lebih ditinggikan, dicat serta tanaman diganti dengan yang bagus dan penerangan yang indah. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!