Survei SMRC, Koster-Ace Menang 70 Persen di Klungkung

posbali.id

DENPASAR, POS BALI.ID- Hasil Survey Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) mengunggulkan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 1, Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Koster-Ace) sebagai pemenang Pilgub Bali.

Survei itu dilakukan mulai 30 April hingga 6 Mei 2018, dengan mengunakan sampel sebanyak 810 orang dengan metode multistage random sampling. Toleransi kesalahan survey (margin of error) sekitar 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Direktur Riset SRMC Denny Irfani menjelaskan, Koster-Ace memperoleh suara 48,3 persen dan pasangan calon Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) memperoleh suara 26,9 persen. Selisih suara 21,4 persen.

“Masih ada 24,8 persen suara yang masih merahasiakan pilihannya,” elas Denny Irfani saat memaparkan hasil survey, di Hotel Grand Bali Beach Sanur, Senin (11/6/2018).

Dari hasil survei tersebut, Koster-Ace unggul di delapan kabupaten yakni Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli, Karangasem dan Buleleng. Sementara Kota Denpasar dimenangkan oleh Rai Mantra.

Dari delapan kabupaten yang dikuasai Koster-Ace tersebut, persentase kemenangan paling tinggi ada di kabupaten Klungkung. Paslon yang diusung PDI Perjuangan, PAN, PKB, PPP dan PKPI ini menang telak 70 persen, dan lawannya mendapat 30 persen suara. Di daerah ini terlihat tidak ada massa mengambang karena semua sample yang ditanya menentukan pilihannya.

Keunggulan Koster-Ace di Klungkung dengan selisih suara yang besar, di luar prediksi di awal masa kampanye. Klungkung dinilai sebagai medan tarung yang berat bagi Koster-Ace, selain Denpasar dan Karangasem. Pasalnya, Klungkung dipimpin kepala daerah dari partai penantang PDI Perjuangan dalam Pilkada serentak tahun ini, dan kembali bertarung sebagai calon incumbent di Pilkada Klungkung.

Dengan keungulan Koster-Ace di Klungkung tersebut sangat memungkinkan linier dengan kemenangan pasangam calon bupati dan wakil bupati Klungkung nomor urut 1, Tjokorda Bagus Oka – Ketut Mandia (BAGIA). Sebab, Koster-Ace dan BAGIA yang sama-sama diusung PDI Perjuangan pada Pilkada Serentak 2018, ini memiliki Tim Pemenangan yang sama dan model kampanye yang sama di Klungkung, serta program-program unggulan yang dirancang dijalankan dengan Pola Satu Jalur. (*)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!