Suhaili, Rudy Srigede, dan Ali BD Berpeluang Besar Gantikan Zaenul Majdi

posbali.id

MATARAM, POS BALI ONLINE – Tak berbeda dengan daerah lainnya yang melaksanakan Pilkada, dinamika politik jelang Pilgub NTB 2018, pasca-Gubernur Zaenul Majdi berlangsung dinamis. Sejumlah nama mulai disebut-sebut memiliki peluang besar menggantikan gubernur dua periode tersebut.

Ketua Kaukus KNPI kabupaten/kota se-NTB Taufik Hidayat, S.Ag menyatakan, dari beberapa nama yang berkembang, belakangan telah mengerucut ke-tiga nama yaitu Bupati Lombok Tengah yang kini ketua DPD Golkar NTB H. Suhaili, ST, Inspektorat Kodam IX Udayana yang sempat menjadi Danrem 162 Wirabhakti Kol. CZI Lalu Rudy Ilham Srigede, serta Bupati Lombok Timur H. Ali BD. ‘’Saya kira tiga nama ini yang paling berpeluang menjadi gubernur NTB periode 2018 – 2023,’’ kata Taufik Hidayat, Senin (8/8) kemarin.

Menurut dia, ketiga nama ini memiliki kelebihan masing-masing. Suhaili adalah ketua DPD Partai Golkar yang notabene bupati Lombok Tengah. Sedangkan Rudy Srigede, satu-satunya putra NTB yang sempat menjadi orang nomor satu di Korem 162 Wirabhakti—instansi yang banyak menelorkan pemimpin di NTB.  Rudy Srigede  merupakan putra birokrat yang sangat berpengaruh dan disegani di NTB yaitu alm. HL Srigede yang sempat menjadi wakil gubernur NTB, Sekda NTB serta Bupati Lombok Tengah. Sementara Ali BD adalah satu-satunya tokoh LSM yang berhasil menjadi bupati Lombok Timur dari jalur independen. ‘’Tiga nama ini yang nantinya akan bertarung, tentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing,’’ katanya.

Sebagaimana layaknya pertarungan politik, ketiga tokoh ini, mengawali  pertarungannya dengan berebut simpati partai politik yang akan mengusungnya kelak. Perebutan ini tentu saja tidak mudah dan cenderung keras. Seperti di tubuh partai Golkar. Kendati Suhaili menjadi orang nomor satu, belum tentu rekomendasi akan jatuh ke tangannya. Demikian juga kader-kader Golkar NTB, belum juga dipastikan akan mengusung Suhaili karena friksi di tubuh partai Golkar NTB sangat kuat. ‘’Ada banyak kader yang tersakiti oleh kepemimpinan Suahili sehingga ia belum tentu akan diusung. Justru untuk menghilangkan friksi-friksi tersebut bisa jadi Golkar memilih tokoh di luar partai Golkar. Di sini Pak Rudy Srigede bisa masuk,’’ katanya seraya menambahkan, jika ‘kendaraan’ Golkar sudah bisa dipegang, tidak sulit bagi Rudy Srigede memenangkan Pilgub NTB sebab  Suhaili dipastikan terlempar karena diperkirakan sulit mendapatkan kendaraan lain, selain partai Golkar.  ‘’Itu otomatis. Jika Golkar mengusung Pak Rudy, maka Suhaili akan terlempar, dan suara Lombok Tengah tidak akan pecah. Dengan begitu, Pak Rudy akan semakin mulus langkahnya untuk memenangkan Pilgub NTB,’’ katanya.

Menurut dia, kemunculan Rudy Srigede dalam pentas politik Pilgub NTB sangat fenomenal. Sebab, Korem 162 Wirabhakti sebelumnya telah menelorkan banyak pemimpin, termasuk Gubernur NTB H. Warsito, Gatot Suherman serta sejumlah bupati di NTB. Maka tidak heran jika ‘kehadirannya’ di NTB dengan menjabat sebagai Danrem 162 Wirabhakti bisa dijadi ‘sinyal’ bahwa  ia bakal pulang ke kampung halamannya untuk menjadi Gubernur. ‘’Ini sangat fenomenal. Pertamakali putra NTB bisa menjadi orang nomor satu di Korem 162 Wirabhakti. Kita patut memberikan apresiasi,’’ katanya.

Menurut dia, NTB yang memiliki dua pulau besar yuati Lombok dan Sumbawa memiliki masalah serius di bidang keamanan, padahal keamanan adalah salah satu modal pembangunan. Di Lombok, angka kriminalnya masih tinggi seperti terjadinya pencurian ternak, perampokan terhadap wisatawan, serta masalah-masalah terkait dengan kriminalitas lainnya. Bagaimana iklim usaha bisa hidup jika masyarakat tak aman beternak, wisatawan tak aman berwisata serta lainnya.  Demikian juga di pulau Sumbawa, jaringan teroris disebut-sebut masuk sampai ke Bima dan Dompu. Permasalahan keamanan seperti ini hanya bisa diselesaikan dengan baik oleh sosok pemimpin yang berlatar belakang TNI. ‘’Ini potensi yang tak dimiliki oleh calon-calon yang lain karena itu, Pak Rudy Srigede memiliki peluang yang sangat besar. Asalkan mendapatkan kendaraan saya punya keyakinan beliau bisa menjadi orang nomor satu di NTB,’’ katanya. 001

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!