Sosialisasi Pilkada NTB 2018, KPU Gelar Gerak Jalan Sadar Pemilih

posbali.id

MATARAM, POS BALI ONLINE – KPU NTB menggelar sosialisasi Pemilukada Serentak melalui kegiatan Gerak Jalan Sadar Pemilihan Kepala Daerah Serentak NTB 2018.  Langkah itu dilakukan setelah sebelumnya melakukan peluncuran tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB Tahun 2018 di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram  pada Sabtu malam (28/10/2017).

Kegiatan jalan sehat yang dipusatkan di kantor KPU NTB  Jalan Langko ini dihadiri Anggota KPU RI Pramono Tantowi Ubaid. Selain itu, Sekda NTB Dr. H. Rosiady Rosiady, Pimpinan FKPD, Bawaslu, kalangan TNI/Polri, Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori SP dan jajarannya.

Menariknya, jalan sehat yang diikuti ratusan warga tersebut juga dihadiri oleh organisasi penyandang disabilitas, LSM, perguruan tinggi dan kalangan pemilih pemula di NTB.

Ketua KPU NTB Lalu Aksar Anshori SP mengatakan, kegiatan jalan sehat sebagai bagian sosialisasi pemilukada serentak yang digelar di 171 lokasi seluruh Indonesia.

Menurut dia, dengan sosialisasi tersebut, bertujuan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pemilu nanti. “Bukan hanya tahu waktunya kapan, namun juga bagaimana menggunakan hak pilih,” ujar Aksar menjawab wartawan, Minggu (29/10).

Aksar mengaku, gerak jalan merupakan salah satu cara sosialisasi yang dilaksanakan KPU guna mendongkrak partisipasi masyarakat. Ia mengaku, pihaknya memiliki berbagai strategi dalam menyosialisasikan pemilu.

“Selain melalui relawan demokrasi, juga saat KPPS menyampaikan form C 6 maupun ketika pemutakhiran data pemilih (coklit),” kata dia.

Aksar menuturkan, pada pemilukada mendatang, KPU RI menargetkan tingkat partisipasi masyarakat sekitar 77,5 persen. Meski demikian,  instrumen melihat keberhasilan kontestasi politik melalui Pilkada dan pemilu  lebih dari. Misalnya,  tingkat melek politik (political literacy).

Ia menambahkan, integritas Pilkada dan Pemilu yang utama adalah terlihat dari integritas penyelenggara, integritas peserta dan integritas masyarakat pemilihnya.

“NTB harus bisa mencapai target 77,5 itu. Karena sebumnya, kita mampu diatas angka 70 persen lebih,” tandas Aksar Anshori. 031

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!