Sopir se-Indonesia Bersatu Serukan Tutup Aplikasi Angkutan “Online”

posbali.id

Mereka Deklarasikan SSI

 

DENPASAR, POS BALI ONLINE – Memanfaatkan momentum Hari Kebangkitan Nasional, para aliansi sopir seluruh Indonesia termasuk Bali, khususnya se-Malang Raya mendeklarasikan wadah baru, Serikat Sopir Indonesia (SSI) di Karangploso, Kota Malang, Sabtu (20/5).

Zainal Mustofa yang terpilih selaku Ketua Umum DPN SSI, sekaligus mendeklarasikan DPC SSI se-Malang Raya yang baru terbentuk. Lewat deklarasi SSI tersebut, seluruh sopir se-Indonesia sepakat akan bersatu dan bergerak bersama untuk menutup aplikasi angkutan berbasis online di Indonesia.

Saat dihubungi POS BALI, Sabtu (20/5), Agus Mulyono sebagai Ketua DPC SSI Kota Malang, membenarkan diadakanya Deklarasi SSI bertepatan dengan Hari Kebangkitan nasional. Deklarasi juga menghasilkan kesepakatan bersama untuk menyatukan visi misi aliansi sopir seluruh Indonesia.

“Semboyan kita sopir bersatu tak bisa dikalahkan. Itu yang disampaikan oleh para sopir saat deklarasi SSI. Tugas pertama kita setelah deklarasi untuk menghentikan aplikasi angkutan online, agar hengkang dari Indonesia,” tegasnya seraya menyebutkan kembali SSI sudah berbadan hukum resmi dari Menkumham RI yang ditetapkan di Jakarta, 5 Mei 2017.

Disebutkan, terkait kesepakatan bersama SSI itu berupa “Panca Setia Sopir Indonesia”, yakni 1.Sopir Indonesia, setia menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara kesatuan Republik Indonesia, 2.Sopir Indonesia, setia memegang teguh Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, 3.Sopir Indonesia, setia menjaga Indonesia sebagai Negara Hukum, 4.Sopir Indonesia, setia menjaga persatuan dan kerukunan sosial demi tercapainya kesejahteraan dan keadilan sosial, 5.Sopir Indonesia, setia berjuang untuk mewujudkan kehidupan sopir yang berdaulat dan bermartabat.

Dikatakan, deklarasi penguatan dan pengukuhan pengurus SSI tersebut, juga dihadiri para perwakilan aliansi sopir berbagai daerah termasuk sejumlah angkot di Malang raya, seperti dari Bali, Sulawesi, Semarang, Bandung, Aceh dan masih banyak lagi. Pada kesempatan itu juga disebutkan, Zainal Mustova yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum SSI menegaskan para sopir harus ada pembinaan, bimbingan dan aturan yang sudah ditentukan dan disepakati bersama. Sehingga nanti tidak saling merugikan sesama pengemudi.

“Pak Zaianal juga mengharapkan para sopir tidak boleh membeda-bedakan satu sama lain, karena satu rekan se-profesi dan kita satu,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Alstar-B, Ketut Witra yang juga diundang usai deklarasi menegaskan di Polresta Denpasar, sudah disepakati aturan dengan pihak penyedia aplikasi angkutan online per 1 Juli 2017 pemberlakuan penuh PM26/2017. Jadinya angkutan berbasis online seperti Grab, Uber dan GoCar tidak boleh lagi melanggar PM26/2017.

“Kita tetap berjuang dan kita sudah masuk SSI. Jadi kita akan tetap demo, kalau Grab dan Uber tidak mamatuhi kesepakatan tentang Permen 26. Karena selama ini sudah terbukti bertahun-tahun angkutan beraplikasi angkutan online tidak ada kontribusinya bagi pemerintah pusat maupun daerah. Malah aplikasi berbisnis angkutan ini, sudah merusak tatanan transportasi dan ekonomi masyarakat di Bali,” tandas lewat WhatsApp-nya, Minggu (21/5).

Seperti diberitakan sebelumnya, para pengemudi atau sopir konvensional dan transport lokal dari seluruh Indonesia, kini mendirikan wadah baru bernama Serikat Sopir Indonesia (SSI) yang segera dideklarasikan di seluruh Indonesia, seperti di Kota Malang, Makasar, Bandung, Jogyakarta, Surabaya termasuk Bali.

Melalui deklarasi SSI tersebut, disiapkan perwakilan nasional di masing-masing daerah untuk berjuang di pusat. Karena selama ini, wadah untuk para sopirnya tidak ada, sehingga aliansi sopir seluruh Indonesia akan membuat wadah skala nasional. Usai deklarasi akan digelar kongres pertama SSI yang rencananya dilaksanakan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang. 016

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!