Sekda Minta Orang Tua Arahkan Anak ke Kegiatan Positif

Ribuan Anak Ikuti Puncak HAN 2017 di Mataram

 

MATARAM, POS BALI ONLINE – Sebanyak 2.000 anak yang merupakan siswa PAUD, TK/RA, dan SD/MI, SMP dan SMU se-Kota Mataram mengikuti peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Taman Budaya, Kota Mataram, Senin (14/8). Ribuan anak tersebut melakukan berbagai kegiatan dalam peringatan tersebut.

Tema kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), yaitu Anak Ceria Keluarga Sejahtera. Bentuk kegiatan pada peringatan Hari Anak Nasional itu berupa permainan anak-anak PAUD yang diikuti 100 anak, mewarnai gambar diikuti 159 anak SD, serta adanya Kampung Ramah Anak.

Kepala DP3KAD NTB Hj. Hartina, mengatakan Hari Anak Nasional merupakan momentum untuk menggugah kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk menjamin hak-hak individu anak tanpa ada diskriminasi.

Hartina mengingatkan kepada masyarakat dan orang tua yang memiliki anak untuk bisa melindungi buah hatinya dari tindakan diskriminasi dan tindakan kekerasan. Hal ini supaya setiap anak Indonesia bisa hidup sehat, tumbuh dan berkembang secara optimal, serta menjadi anak yang kreatif

Anak adalah amanah dan sekaligus karunia Tuhan yang harus dijaga dan dilindungi serta dipenuhi hak-haknya. Karena itu menjadi tugas kita bersama membentuk anak Indonesia agar memiliki karakter yang kuat, budi pekerti luhur, kemandirian berpikir, kreatif, dan berakhlak mulia. Sehingga kelak akan melahirkan kepribadian yang tangguh dan mandiri serta memiliki potensi yang berguna bagi bangsa Indonesia,” ungkapnya saat memberi sambutan pada Peringatan HAN NTB tahun 2017.

Ia mengaku, pihaknya sengaja mengenalkan sembilan permainan tradisional ke anak-anak dalam peringatan Hari Anak Nasional kali ini agar mereka tidak lupa akan budaya lokal masyarakat. “Di Kampung ramah anak, kita ingin semua anak-anak NTB tidak lupa akan jatidiri mereka. Sehingga, permainan tradisional sengaja kita tampil secara khusus,” ujar Hartina.

Terpisah, Sekda NTB Dr. H. Rosiady Sayuti yang hadir mewakili Gubernur yang tengah berhalangan hadir, menyempatkan mengajak bermain ribuan anak-anak pada peringatan HAN 2017 dengan lontaran pertanyaan melalui kuis yang dibuatnya sendiri. Sehingga suasana peringatan Hari Anak Nasional itu kian ceria dengan penuh canda tawa.

“Siapa yang bisa jawab pertanyaan saya akan mendapatkan hadiah uang. Tapi tolong uang sebesar Rp 50 ribu ini jangan dipakai untuk membeli pulsa,” kata Rosiady.

Usai memberikan kuis berhadiah. Sekda lantas mengimbau kepada orang tua agar mengarahkan anak-anak mereka pada kegiatan yang terarah dan positif, salah satunya mendalami kesenian dan budaya bangsa, serta kegiatan yang mengadung keilmuwan. “Ini penting sebagai fi lter terhadap pengaruh budaya luar,” tandas Sekda Rosiady. 031

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *