Sekda Bantah Mutasi Terganjal PP 18/2016

posbali.id

KLU, POS BALI ONLINE – Sinyal pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) melakukan mutasi jajaran pejabat eselon II, III dan IV menguat dan diklaim sah-sah saja tergantung kebutuhan, meski tanpa harus menunggu rampungnya ranperda tentang perangkat daerah sesuai dengan instruksi Mendagri No. 061/2911/SJ Tahun 2016 tentang tindak lanjut Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

“Kalau belum rampung juga pemda sahsah saja melakukan mutasi, namun tergantung kebutuhan. Sekarang pun sudah bias dilakukan mutasi,”ujar Sekretaris Daerah (Sekda) KLU, H. Suardi, Jum’at (19/8).

Sekda tidak membantah mutasi tahun ini terganjal oleh PP 18 itu. Pasalnya, menurut Sekda dalam PP 18 itu tidak mengatur daerah tidak memperbolehkan melakukan mutasi melainkan mengintruksikan untuk segera merampungkan perda kaitannya dengan organisasi perangkat daerah. Artinya, raperda yang mengatur tentang perangkat daerah itu harus diselesaikan dan bukan mengatur tidak memperbolehkan mutasi. “Boleh mutasi namun tergantung kebutuhan,” katanya lagi.

Untuk diketahui PP 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah menjadi acuan terbaru pemerintah dalam menyusun perangkat daerah terhadap susunan organisasi dan tata kerja. Satuan Kerja Perangat Daerah diketahui memiliki tipe berbeda sesuai dengan golongan yang menempati pucuk pimpinan. Di KLU sendiri cukup banyak bidang yang harus disesuaikan mengacu PP tersebut.

Dalam Bab XIV ketentuan penutupan pasal 124 ayat 2 ,“ Pada saat peraturan daerah ini mulai berlaku untuk pertamakali Perda pembentukan Perangkat Daerah serta pengisian kepala perangkat daerah dan kepala unit kerja pada perangkat daerah diselesaikan paling lambat 6 (enam) bulan terhitung sejak peraturan pemerintah ini di Undangkan,” demikian bunyi pasal 124 ayat 2 pada PP 18 tahun 2016 yang di sahkan 19 Juni 2016 lalu. 034

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!