Seekor Lumba-Lumba Mati Terdampar di Pantai Kuta

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Seekor lumba-lumba yang berukuran kurang lebih 1 meter, Selasa (5/1) ditemukan terdampar di pesisir Pantai Kuta depan kawasan Pura Segara. Saat ditemukan sekitar pukul 09.30 Wita, kondisi ikan yang disebut Dolphin itu sudah dalam kondisi mati. Hal tersebut sempat menjadi perhatian warga, sebab saat ditemukan juga sedang berlangsung prosesi Nyekah dari banjar Abian Base di lokasi terkait. Belum jelas diketahui apa penyebab mamalia tersebut mati, namun di sekitar tubuhnya ditemukan beberapa luka.

 

Ketua Pengelola Pantai Desa Adat Kuta, Mangku Wayan Sirna dikonfirmasi via telepon tidak menampik hal tersebut. Temuan bangkai lumba-lumba tersebut sudah ditindaklanjuti oleh pihak Turtle Concervation and Education Center (TCEC) Serangan. Dimana pihak terkait diketahuinya akan melakukan tindakan autopsi, untuk mencari penyebab dari matinya mamalia yang akrab dengan manusia tersebut. “Awalnya itu ditemukan salah seorang petugas kami, saat itu yang bersangkutan sedang melakukan penjagaan keamanan upacara nyekah dari warga Abian Base,”ujar Mangku Sirna sembari menerangkan masyarakat menduga bahwa lumba-lumba itu sama dengan yang nyaris terdampar sebelumnya di Pantai depan jalan Popies II.

 

Sementara Koordinator Balawista Badung, Ketut Ipel menerangkan, terdamparnya lumba-lumba di Pantai Kuta bukanlah hal yang pertama kali terjadi. Beberapa hari lalu lumba-lumba serupa juga sempat ditemukan nyaris terdampar di wilayah Pantai Legian. Namun karena masih terus bergerak menuju Pantai Kuta, anggota Balawista tidak mengambil tindakan apapun. Hanya mengawasi, sebelum akhirnya semakin mendekati bibir pantai. “Karena kami rasa lumba-lumba itu hendak terdampar di area pantai depan Pos I, barulah anggota kami mengambil langkah menggiringnya kembali ke tengah laut,”terang Ipel. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!