Sebanyak Rp 124 Proposal Sudah Cair

posbali.id

PERATURAN Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Pem- berian Hibah dan Bansos yang bersumber dari APBD itu baru terbit 23 Maret lalu, dan baru dapat diakses lewat website pada 13 April 2016. Namun demikian, jajaran Pemprov Bali terus mengintensifkan komunikasi dan koordinasi dengan Kemendagri sebelum sosialisasi atas Permendagri itu digelar.

“Dibandingkan dengan dae- rah lain, sebenarnya Bali sudah start duluan dibandingkan den- gan daerah lain di Indonesia, dibuktikan dengan penerbitan Peraturan Gubernur Bali No 29 Tahun 2016 tentang Pemberian Hibah dan Bansos pada 30 Mei lalu, sebagai tindak lanjut dari Permendagri yang baru. Padahal Mendagri baru me- nyosialisasikan Permendagri 14/2016 pada 30 Mei juga di saat Pergub Bali sudah terbit,” ucap Kepala Biro Keuangan Setda Provinsi Bali Ida Bagus Ngurah Arda.

Dia menambahkan, proses verifikasi proposal hibah ke lapangan dilakukan oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang membawahi. Setelah verifikasi, dilanjutkan den- gan penerbitan SK oleh Biro Hukum, kemudian ke proses naskah perjanjian hibah daerah (NPHD).

Dengan adanya berbagai pe- rubahan regulasi, lanjut Ngu- rah Arda, telah berimplikasi harus dilakukan penyesuaian terhadap kelengkapan admin- istrasi seperti halnya dari sisi struktur organisasi dari mereka yang mengajukan proposal harus disahkan oleh kepala desa, camat, hingga SKPD yang membidangi di kabu-paten/kota.

Demikian juga harus dis- ertai dengan surat pernyataan bahwa kelompok masyarakat tersebut tidak menerima hibah pada tahun sebelumnya. Hal- hal itulah yang kemungki- nan menyebabkan masyarakat menjadi agak lambat untuk melengkapi administrasinya, di samping SKPD harus mel- akukan verifi kasi ke berbagai
daerah yang letaknya jauh dari Kota Denpasar. “Memang Pak Gubernur sudah terus mendorong jajarannya untuk segera merealisasikan hibah ini, namun tetap tidak boleh mengesampingkan norma, standar, prosedur dan krite- ria (NSPK) yang ada agar nantinya tidak tersangkut kasus hukum,” ujar mantan Penjabat Bupati Karangasem itu. */ant

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!