Rp 17 Miliar Per Tahun Pemda Klungkung Biayai Kesehatan Gratis Masyarakat

posbali.id

KLUNGKUNG, POS BALI – Pemkab Klungkung dikabarkan akan mengucurkan dana sebanyak Rp 17 miliar pertahun, untuk membiayai masyarakat Klungkung sebagai peserta kelas III Jaminan Kesehatan Nasional –Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan program Universal Helath Coverage (UHC). Untuk meyakinkan masyarakat Klungkung, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Klungkung Endang Triana Simanjuntak bersama Bupati Klungkung Nyoman Suwirta telah melaunching program ini di Lapangan Puputan Klungkung, Minggu (29/10).

Hanya saja, peluang yang diberikan pemerintah belum bisa diterima secara baik oleh masyarakat. Bahkan dalam keterangan persnya, Endang Triana Simanjuntak menyebutkan animo masyarakat Klungkung untuk mendaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional –Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)  ternyata masih kurang.

“Padahal hal ini sangat perlu untuk layanan kesehatan jika sewaktu-waktu sakit dan jangan sampai program ini disia-siakan, apalagi Pemkab Klungkung sudah komitmen untuk membiayainya,” kata Endang Triana Simanjuntak, Jumat (27/10) lalu.

Lebih lanjut dijelaskannya di Bali baru 1 Kabupaten yakni Badung yang membiayai masyarakat untuk menjadi peserta JKN-KIS. Apabila Pemkab Klungkung sukses melakukan program ini, maka Klungkung akan menjadi Kabupaten kedua atau setelah Badung yang memberikan pelayanan kesehatan gratis ke masyarakatnya. Tapi untuk di Kabupaten Klungkung, belum semua warga yang mendaftarkan diri sebagai peserta. Padahal dari jumlah penduduk sebanyak  214 933 jiwa, jumlah peserta  JKN baru 123.658 jiwa atau 58 persen. Sedangkan untuk kuota menjadi peserta dijatah sebanyak 65 ribu. Tapi dari jumlah kuota tersebut baru 31.303 jiwa atau 48 persen yang terdaftar.

“Masih ada puluhan ribu yang belum terdaftar menjadi peserta JKN-KIS,” sebutnya seraya menyatakan ini adalah kesempatan emas dan jangan tunggu sakit baru mengurus layanan kesehatan ini.022

 

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *