“Rongsokan” Milik Pemkab Jembrana Laku Rp188 Juta

posbali.id

JEMBRANA, POS BALI ONLINE – Pemerintah Kabupaten  Jembrana, melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja, melelang sebanyak 51 kendaraan. Baik roda empat mapun roda dua.  Maklum saja, kondisi  kendaraan memang sudah tak layak pakai bahkan tak ada bedanya dengan  rongsokan yang siap timbang. Dari puluhan kendaraan dinas yang dilelang, dua unit mobil ambulan tak laku.

Sekda Jembrana I Gede Gunadnya mengatakan, dari 51 kendaraan yang dilelang diantaranya unit sepeda motor, termasuk beberapa sepeda motor yang tidak berisi roda,  9 mobil dan 6 wales dilelang kepada masyarakat umum. “Ini sebagai tindak lanjut dari pengelolaan kekayaan negara berkaitan dengan penghapusan barang milik negara. Dari pengamatan para peminat atau peserta lelang diberi kesempatan melihat kondisi barang. Sehingga bisa menaksir harga barang. Sementara harga dasar sudah dicantumkan di masing-masing barang,” katanya.

Lebih lanjut, Gunadnya mengatakan, lelang kendaraan dinas ini dilakukan juga untuk mendukung ketertiban pendataan aset. Jangan sampai kendaraan yang sudah tua masih ada namun didata aset tidak tertulis. Dari segi ekonomis kendaraan-kendaraan yang telah berumur lebih dari 10 tahun sudah tidak produktif lagi. Ssedangkan anggaran untuk perawatan harus terus dipenuhi. “Pemkab Jembrana terakhir lelang dilaksanakan tahun 2014 lalu. Rata-rata kendaraan yang dilelang tahun 1990 atau lebih dari 20 tahun. Hasil dari pelelangan masuk ke kas daerah,” jelasnya.

Sementara, Kabag Perlengkapan Made Aryana usai pelelangan mengatakan dari hasil lelang didapat total dana Rp 188.400.000. Hanya dua kendaraan ambulan yang belum laku. “Hasil lelang lumayan banyak dan jauh naik dari harga limit. Namun mobil ambulan tidak laku,” katanya. 024

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!