RIM diharapkan segera rampung

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Rencana Induk Menara (RIM) yang sedang dirancang Pemkab Badung melalui Dinas Kominfo diharapkan bisa segera terealsiasi. Hal tersebut guna mempermudah penindakan sejumlah tower yang diduga menara telekomunikasi bodong. “Dengan keluarnya RIM ini akan memudahkan kami melakukan penindakan di lapangan, karena jelas mana tower untuk Smart City mana yang bukan. Hal ini penting agar kami tidak salah menindaknya, sebab tidak sedikit tower yang dicurigai itu mengaku tower smart city”terang Kasatpol.PP Badung, IGAK Surya Negara dihubungi, Kamis (29/11).

 

Kendati masih menunggu RIM yang dalam minggu-minggu ini akan dilaksanakan sosialisasi terhadap para pemangku kepentingan. Pihaknya mengaku akan tetap melakukan penindakan di lapangan, jika memang ada keluhan dari masyarakat. Seperti contoh keluhan terhadap tiang diduga tower yang ada di wilayah Dalungn Dimana ada masyarakat penyanding yang merasa keberatan atas berdirinya tiang bersangkutan. Dan alhasil tiang tersebut kini telah disegel, selain lantaran adanya keluhan juga berkaitan dengan syarat izin yang belum dipenuhi. Hal ini dilakukan sembari menunggu apakah tower tersebut masuk dalam RIM atau tidak. “Melalui pernyataan tertulis, penyanding ketika itu menegaskan ia merasa keberatan, karena pemilik tower tidak ada jaminan kapada pemilik bangunan. Apalagi dikhawatirkan, tiang tersebut mampu memancarkan radiasi yang mengancam keselamatan. Karena itulah keluhan ini kami respon,”jelasnya.

 

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Diskominfo Badung, Wayan Weda Dharmaja tidak memungkiri hingga saat ini pihaknya belum mengelurkan RIM. Sampai saat ini pihaknya baru merampungkan titik-titik sarana penunjang smart city. Titik-titik tersebut nantinya berisikan CCTV dan lampu penerangan jalan. Jadi belum ada koordinat sarana smart city yang isinya adalah alat telekomunikasi. Namun pihaknya mengaku sudah rapat beberapa kali, tentang implementasi perda terkait. Sehingga koordinat mengenai sarana penunjang program smart city sesungguhnya sudahlah dikantongi oleh Satpol PP Badung. “Jika Satpol PP mau menegur pemancar terkait, yah monggo. Karena kami juga belum mengeluarkan RIM,”sebut Weda. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!