Releksi Peringatan Hari Jadi ke-59 Provinsi Bali (3)

SMA/SMK Negeri Bali Mandara Makin Cemerlang dengan Ratusan Prestasi

 

DARI sekian banyak program unggulan yang telah dilaksanakan, keberadaan SMA Negeri Bali Mandara (SMANBARA) menyedot perhatian berbagai kalangan karena banyaknya prestasi yang berhasil dicapai para siswanya baik di tingkat nasional hingga internasional. Menerima anak didik sejak tahun ajaran 2011/2012, hingga saat ini SMAN Bali Mandara telah mengkoleksi tak kurang dari 875 penghargaan dari berbagai lomba kategori akademik maupun non akademik. Ratusan prestasi yang disumbangkan sekolah yang berlokasi di Jalan Air Sanih, Kubutambahan, Kabupaten Buleleng ini mampu mengharumkan nama Bali dan Indonesia di kancah internasional.

Prestasi teranyar, dua anak didiknya yaitu I Gede Herry Arum Wijaya dan Ni Putu Gita Naraswari berjaya pada ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) di Nagoya, Jepang. Mereka memperoleh dua penghargaan paling bergengsi pada ajang tersebut yaitu medali emas dan spesial award karena berhasil menciptakan tong sampah pintar ‘ Smart Trash Can’. Tong sampah ciptaan dua siswa ini sangat istimewa karena mampu memilah empat jenis sampah secara otomatis dan sudah mengantongi hak paten. Tahun sebelumnya, dua orang siswa SMAN Bali Mandara yaitu I Dewa Gede Ary Palguna dan I Kadek Sudiarsana juga meraih penghargaan sains kelas dunia INTEL ISEF (International Science and Engineering Fair) yang digelar di Pittsburg, Pennsylvania, Amerika Serikat. Koleksi prestasi itu berbanding lurus dengan banyaknya lulusan yang berhasil diterima di universitas favorit baik dalam maupun luar negeri. Bahkan, sebagian besar dari mereka memperoleh beasiswa.

Mengikuti jejak SMANBARA, SMK Negeri Bali Mandara yang mulai menerima siswa baru pada tahun ajaran 2015/2016 juga menggeliat dengan capaian prestasi. Di Tahun 2016 lalu, Tim Wirausaha SMKN Bali Mandara yang beranggotakan Putu Trianan Dewi, Kadek Sri Sinta Dewi dan Luh Rusmiani, berhasil meraih Juara I dalam Youth Entrepreniuership Week (YEPWEEK) di Jakarta. YEPWEEK merupakan program pengembangan kompetensi kewirausahaan yang diadakan oleh Pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dengan para pemuda Indonesia alumni program pertukaran pelajar Amerika Serikat. Kegiatan ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta akan difasilitasi oleh Entrepreneurship Development Center (EDC) Prasetiya Mulya serta sejumlah wirausahawan muda Indonesia yang sukses di bidangnya. Berikutnya, SMKN Bali Mandara juga berjaya dalam Lomba Poster Desain Grafi s tingkat SMA/ SMK se-Kabupaten Buleleng yang dilaksanakan di Gedung RRI Singaraja.

Masih terkait dengan upaya memajukan bidang pendidikan, Pemprov Bali juga mengucurkan beasiswa miskin untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK, beasiswa penuh bagi tamatan SMP dari keluarga kurang mampu yang melanjutkan pendidikan di SMKN 1 Denpasar dan SMK Negeri di tingkat kabupaten. Selain itu, Pemprov juga menggelontorkan beasiswa miskin untuk Fakultas Langka Peminat dan Fakultas Kedokteran. Khusus untuk beasiswa miskin jenjang SMA, Pemprov mengalokasikan anggaran yang terus meningkat setiap tahunnya. Di Tahun 2013, Pemprov mengucurkan beasiswa miskin jenjang SMA sejumlah Rp. 20,778 milyar dan tahun berikutnya bertambah menjadi Rp. 22,17 milyar. Sementara pada tahun 2016 dan 2017, beasiswa miskin jenjang SMA digelontor dana sebesar Rp. 22,392 milyar dan Rp. 24,634 milyar. Ke depannya, Pemprov berkomitmen untuk memberi perhatian terhadap upaya memajukan bidang pendidikan di Pulau Dewata **

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *