Regu Pol PP Kutsel kini paling banyak di Badung

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Tambahan 19 personil regu Pol PP di Kuta Selatan, membuat Danru Pol PP Kutsel semakin bersemangat. Pasalnya selama ini diakuinya keterbatasan personil membuat pihaknya harus ekstra ketat dalam mengatur libur bergantian dan mengatensi wilayah. Sebab dinamika wilayah yang begitu padat dan kompleksitas permasalahan yang ada, memerlukan temaga yang maksimal. Terlebih lagi wilayah Kuta Selatan merupakan kawasan pariwisata internasional. “Tambahan personil ini sekaligus menjawab kebutuhan kita di lapangan. Dimana pak Bupati memandang diperlukan penambahan tenaga Pol PP yang lebih banyak, karena pertimbangan kompleksitas dan dinamika wilayah,”ujar Danru Pol PP Kutsel, Wayan Suharyana, seizin Kasatpol PP kabupaten Badung, Selasa (10/4).

 

Kesembilan belas orang tambahan tenaga Pol PP Kutsel tersebut berstatus kontrak, dimana mereka semua berdomisili di Kutsel. Sehingga hal tersebut diakuinya akan lebih cepat mengkoordinir yang bersangkutan ketika ada atensi mendadak. Dimana jarak dan waktu bukanlah halangan yang menjadi kendala berarti. “Dengan tambahan 19 orang tenaga ini, maka total anggota kita semua itu 27 orang. Kita akan maksimalkan jumlah saat ini, tapi secara ideal itu jumlah Pol PP di kecamatan itu adalah 1 pleton atau 31 orang. Tapi dengan tambahan ini saja kita sudah bersyukur sekali,”paparnya.

 

Dengan tambahan 19 orang anggota, pihaknya juga mengaku akan mencoba mengujicobakan shift malam kepada anggotanya. Dimana ujicoba tersebut akan dilakukan sampai jam 12 malam pada hari tertentu, dengan shift 7 orang per shift. Namun itu akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan dan format utama masih dengan 2 shift, yaitu pagi dan sore. “Mereka ini benar-benar orang baru dan belum mendapatkan pelatihan khusus. Sementara kita akan gembleng di lapangan, sambil menunggu kebijakan dari induk. Mereka juga masih berbekal baju kaos seragam Pol PP saat perayaan Hut belum lama ini. Untuk seragamnya nanti kita serahkan kepada induk, apakah diadakan swadaya dulu sendiri-sendiri agar seragam, atau langkah lainnya,”imbuhnya.

 

Sementara Kasatpol PP Kabupaten Badung IGAK Suryanegara menerangkan total ada 46 orang tambahan personil di Pol PP Badung, mereka terbagi untuk memperkuat semua kecamatan. Sehingga jumlah personil Pol Pp ri masing-masing kecamatan sekarang bertambah, seperti regu Kuta Selatan kini jumlah anggotanya menjadi 27 orang, Kuta 26 orang, Kuta Utara 18 orang, Mengwi 18 orang , Abian Semal 16 dan Petang 12 orang. “Memang jumlah personil yang tebanyak kini itu di Kutsel dan Kuta, sebab dinamika wilayah dan kompleksitas permasalahan yang ada di kedua kecamatan ini sangat dinamis dan kompleks. Apalagi kecamatan Kutsel itu wilayahnya paling luas di Badung. Ini juga kita lakukan terkait penyelenggaraan IMF World Bank pada bulan Oktober 2018,”ujarnya.

 

Diakuinya pertanggal 1 April 2018, tenaga kontrak tersebut sudah mulai bekerja, seminggu setelahnya mereka lalu diorientasi. Kemudian minggu depan, mereka akan dilatih secara teori. Sehingga mereka menjadi tenaga yang profesional, dan menjaga perilaku dan etos kerja sesuai dengan norma yang ada. Mereka akan tetap dibawah kontrol induk dan tidak boleh bergerak seenaknya. “Dengan tambahan personil ini, anggota kita akan dilatih bekerja 24 jam. Pada bulan Mei nanti, anggota khususnya di kecamatan Kutsel dan Kuta akan diupayakan sudah harus menerapkan 24 jam kerja. Mereka akan dibagi menjadi 3 shift dengan 4 kelompok, masing-maaing kelompok beranggotakan 8 orang. Dengan demikian maka akan ada jeda waktu istirahat bagi mereka,”bebernya.

 

Pihaknya mengaku sengaja penempatkan tambahan personil tersebut, menyesuaikan dengan tempat tinggal dan domisili terkait. Hal tersebut terkait dengan arus lalulintas dan kesigapan dalam memberikan respon. Jangan sampai masalah sudah selesai, namun pihaknya baru sampai dilokasi terkait. “Jika sewaktu-waktu kita butuhkan dan panggil mereka, maka yang bersnagkutan bisa cepat sampai di lokasi. Kita juga berkaca pada jumlah personil sebelumnya, dari 300an anggota ternyata hanya 3 yang berasal dari wilayah Badung selatan. Sehingga hal tersebut mempengaruhi respon kita sampai di lokasi,”imbuhnya. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *