Rapat Pansus Pemilu

posbali.id

DPR Siap Kurangi Gaji untuk Penambahan Kursi 

 

Imam Budilaksono

ANGGOTA DPR setuju pengurangan gaji dan tunjangan reses agar usulan penambahan 19 anggota DPR dalam RUU tersebut disetujui. Demikian dikemukakan Wakil Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu Ahmad Riza Patria.

“Kalau pemerintah keberatan ada penambahan anggaran dari 19 anggota DPR, maka kami anggota DPR sepakat untuk dikurangi gaji dan dana reses,” kata Riza Patria dalam rapat Pansus Pemilu di Gedung Nusantara, Jakarta, Senin (29/5) kemarin.

Dia menjelaskan dirinya telah menghitung, biaya satu anggota DPR setahun sebesar Rp2 miliar per tahun sehingga kalau ada penambahan 19 anggota DPR maka setahun menghabiskan dana Rp38 miliar.

Menurut dia, penambahan anggaran itu untuk pengawasan lebih baik dan pemerintahan berjalan efektif serta efi sien karena terciptakan mekanisme “check and balances” yang baik.

“Kalau pemerintah keberatan penambahan senilai Rp38 miliar itu, maka 560 anggota DPR saat ini ikhlas dikurangi gajinya,” ujar Riza.

Politisi Partai Gerindra itu menjelaskan telah disepakati bahwa basis penentuan jumlah anggota DPR adalah jumlah penduduk di suatu wilayah.

Selain itu menurut dia, oleh Pansus Pemilu yang lalu sudah diputuskan jumlah anggota DPR sebanyak 560 orang selain dengan basis jumlah penduduk namun memahami keberagaman, kebhinekaan dan luas wilayah.

“Kalau ada pengurangan tidak disepakati karena timbulkan kegaduhan baru sehingga Pansus mencari jalan tengah,” katanya.

Riza mengatakan dalam Pansus Pemilu sempat diwacanakan penambahan anggota DPR menjadi sebanyak 600 orang.

Namun menurut dia, Pansus menyepakati sebagai jalan tengah sebagai bentuk kompromi maka penambahannya tidak sampai 40 orang namun hanya 19 orang.

“19 orang itu agar adil dan akomodasi metode jumlah penduduk dan perhatikan luas wilayah serta jaga stabilitas,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!