Proyek Hotel Kempinski Tetap Berlanjut

posbali.id

Dibangun 2015 Berlantai 9

 

MANGUPURA, POS BALI ONLINE – Masih ingat dengan pembangunan Hotel Kempinski  di Pantai Sawangan Nusa Dua?  Proyek hotel bintang lima plus ini, tampaknya terus berlanjut walau melanggar sejumlah ketentuan, seperti ketinggian bangunan, krib yang menjorok ke pantai, serta pelanggaran lainnya.

Informasi yang dikumpulkan, pada 18 Agustus 2015 lalu, Komisi I DPRD Badung yang kala itu dipimpin I Nyoman Dirga Yusa sempat melakukan sidak ke proyek tersebut. Saat itu ditemukan sejumlah pelanggaran, yakni ketinggian dan sempadan jurang, mengingat pembangunan sarana pariwisata itu berada di jurang.

Konyolnya, meski ditemukan pelanggaran oleh Dewan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Badung,  tak melakukan tindakan apa pun sebagaimana pelanggaran lainnya, seperti pemberhentian pembangunan proyek, maupun tindakan lainnya. Hal itu membuat proyek itu terus berlanjut dengan ketinggian yang sama.

Sebagaimana diketahui, proyek hotel ini dibangun di tebing, dengan memangkas tebing atau cut and fi ll hingga membentuk bangunan berundak-undak. Pada tebingtebing inilah dibangun kamar-kamar. Tak hanya itu, pada sisi barat, bangunannya menjulang tinggi hingga 9 lantai. Bisa dibayangkan, bila satu blok lantai ketinggiannya 4 meter, maka total tinggi bangunan tersebut mencapai 36 meter. Padahal aturan ketinggian bangunan maksimal 15 meter.

Tak hanya itu, hotel ini juga membangun krib pemecah gelombang di depan bangunan hotel. Menurut informasi bangunan pemecah gelombang ini telah mendapatkan izin dari pemerintah pusat. Akan tetapi keberadaan krib sempat dikeluhkan, karena menyebabkan rusaknya ombak yang biasanya sebagai lokasi surfi ng.

Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) I Made Sutama yang dikonfi rmasi, Senin (22/5), menjelaskan pihaknya hanya memberikan izin bangunan di bagian bawah. Sedangkan bangunan pada tebing izin dikeluarkan sebelum dirinya menjabat. Soal ketinggian bangunan di sisi barat yang mencapai 9 lantai, Sutama berjanji akan melakukan pengecekan.

“Kita akan cek dulu, apakah gambar dalam izin (IMB) sesuai dengan kondisi di lapangan,” katanya. Sedangkan terkait krib di pantai, pejabat asal Pecatu ini menyatakan kewenangannya ada di pemerintah pusat. “Untuk krib kita tidak memiliki kewenangan,” katanya. 020 

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Proyek Hotel Kempinski Tetap Berlanjut

  • 01/01/2018 pada 10:34 PM
    Permalink

    Bapak/ibu mau tahu apa nama email ya?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!