Prananda Paloh: Bali Benteng Pluralisme, Harus Dijaga

posbali.id

DENPASAR, POS BALI.ID-Ketua Umum Garda Pemuda Nasdem Prananda Paloh mengakui Bali memiliki keunikan tersendiri. Keunikan Bali tak hanya pada destinasi wisatanya, tapi juga soal semangat hidup merawat keberagaman di pulau Dewata ini.

Putra ketua umum partai NasDem Surya Paloh ini menyebut Bali sebagai benteng toleransi di Indonesia yang harus tetap dijaga dan dilestarikan. Bali menurut dia merupakan miniatur Indonesia. Di pulau ini dapat dengan mudah ditemui rumah ibadah berbagai agama. Dengan menjaga Bali berarti menjaga keberagaman dan keutuhan bangsa.

“Bali adalah benteng pluralisme, dan kebhinekaan akan menjadi prioritas Nasdem dan Garda Pemuda Nasdem,” kata Pranada Paloh saat pelantikan DPW dan DPD Garda NasDem se-Bali di hotel Inna Veteran, Sabtu (7/4/2018).

Karena Bali begitu spesial, ia pun mengadendakan pelantikan pengurus Garda Pemuda NasDem se-Bali dilakukan paling akhir setelah pelantikan Garda Pemuda NasDem di provinsi lain.

“Kemarin saya melakukan perjalanan di Indonesia timur, saya ke Maluku, Maluku Tenggara, Maluku Utara dan Papua. Saya bilang Bali nanti saja, Bali terpisah karena Bali sangat spesial,” ujar Prananda, yang disambut tepuk tangan meriah ribuan kader Garda NasDem se-Bali.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengatakan Garda Pemuda Nasdem harus menjadi pelopor agar pemuda dan pemudi Indonesia melek politik dan terlibat secara aktif di tengah masyarakat. “Tidak usah terlalu kwatir dengan politik. Garda Pemuda Nasdem bisa masuk melalui usaha-usaha kreatif, pentas seni budaya, olah raga. Tujuannya, agar pemuda Indonesia melek terhadap politik,” katanya.

Prananda juga mengaku memberi perhatian khusus terhadap Pilkada serentak di Bali. Ia mengalu, selain melantik Garda Pemuda Nasdem, kedatangannya ke Bali juga untuk mensukseskan Pilkada dan konsolidasi menyukseska Pileg dan Pilpres tahun 2019.

Karena itu ia menginstruksikan seluruh Garda Pemuda Nasdem di Bali untuk memenangkan pasangan calon yang diusung Partai Nasdem pada Pilgub Bali 2018, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta), dan memenangkan partai NasDem dan Joko Widodo pada Pemilu 2019. Ia mengatakan, target Partai Nasdem pada Pileg 2019 adalah menjadi 3 besar.

“Saya meminta teman-teman Garda Pemuda Nasdem untuk membantu secara tulus menjadi garda terdepan memenangkan Jokowi, memenangkan Partai Nasdem dan memenangkan Mantra-Kerta di Bali,” tegas Prananda.

“Garda Pemuda Nasdem harus bisa menjadi saksi di TPS dengan integritas yang tinggi. Dan kalau diberi kesempatan harus ambil bagian dalam tim pemenangan atau tim sukses, baik untuk Pilkada, Pileg dan Pilpres. Atau juga kalau diberi kesempatan menjadi Caleg, saya yakin mereka akan menjadi Caleg yang berkualitas,” lanjutnya.

Prananda melanjutkan, sejauh ini dirinya sudah melakukan roadshow ke seluruh wilayah Indonesia di bagian timur. Ia memilih daerah-daerah yang ada Pilkada, dan yang kandidatnya diusung oleh Partai Nasdem. Dalam kunjungan tersebut, Prananda selalu berpesan agar seluruh rakyat memenangkan Jokowi di tahun 2019 dan memenangkan pasangan yang diusung Nasdem dalam Pilkada.

Ia mengakui jika Bali memiliki keunikan tersendiri karena Bali merupakan benteng toleransi di Indonesia yang harus tetap dijaga dan dilestarikan. “Bali adalah benteng pluralisme, dan kebhinekaan akan menjadi prioritas Nasdem dan Garda Pemuda Nasdem,” ujarnya. Ia meminta agar kader-kader yang ada di Bali agar bisa memenangkan kandidat yang diusung Nasdem dan memenangkan Partai Nasdem dan Jokowi di tahun 2019.

Menurut dia, jika semua elemen partai NasDem bersatu, maka target partai NasDem untuk menjadi 3 besar di Provinsi Bali pada pemilu 2019 bisa terwujud.

“Bahkan target jadi nomor 2 pun kita berani. Sekali lagi, mari bersatu untuk memenangkan NasDem 2019 nanti sebagai partai nomor 3 atau 2, bahkan juara, siapa tahu,” pungkas Prananda. (*)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!