POS BALI raih penghargaan dari Disparda Badung

posbali.id
Tahun 2019 Disparda dan BPPD adakan 11 sales mission ke 17 negara

MANGUPURA, POS BALI – Surat kabar POS BALI, Selasa (27/11) menerima penghargaan sebagai media partner dari Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, atas sumbangsihnya selama mendukung promosi maupun event pariwisata yang ada di kabupaten Badung. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BPPD kabupaten Badung, IGN Surya Wijaya didampingi Kadisparda kabupaten Badung Made Badra. Selain POS BALI ada 10 media lainnya yang juga mendapat penghargaan serupa, yaitu Warta Balo, Denpost, Bali Post, Nusa Bali, Bali TV, Bali Tribune, Tribun Bali, Radar Bali, Bisnis Bali dan Bali Travel News. Penyerahan piagam penghargaan tersebut dirangkaikan dengan acara sosialisasi tekhnis program promosi pariwisata kabupaten Badung 2019 bertempat di Kuta.

 

Dalam pemaparannya, Kadisparda Badung menerangkan kesuksesan promosi (sales mission) tidak lepas dari peran serta industri dan media. Kedepan dukungan kerjasama tersebut diharapkan terus ada dan bersinergi demi kemajuan pariwisata di Bali, yang notabene menjadi motor penggerak perekonomian di Bali. Tahun depan pihaknya bersama BPPD mengaku telah merancang beberapa sales mission ke 17 negara, dari bulan Januari-Nopember 2019. Dimana pada bulan Januari ke negara India dengan target kunjungan 408.231. Bulan Pebruari ke Hungaria dengan target 12.719, Cekoslovakia 1500 dan Austria 28.247. Lanjut bulan Maret ke Jerman dengan target 285.740, Swiss 65.573, Prancis 283.839. April ke Australia dengan target 1.350.337 dan New Zealand 139.854. Mei ke Kanada dengan target 95.603, Juni ke Korea 248.170, Juli je Italia 77.824, Agustus ke Rusia 143.291, September ke USA 297.121, Oktober ke Jepang 397.612 dan terakhir pada bulan Nopember ke Inggris dengan target 378.028 dan Belanda 160.988.

 

Dijelaskannya, pangsa pasar India menjadi sangat potensial di Bali, dimana sekitar 800 ribu lebih potensi yang sebenarnya bisa tergarap kedepannya. Karena itulah pihaknya mengaku akan segera berkonsultasi dengan Kemenpar, terkait dengan potensi pangsa pasar India. Apakah nantinya akan diadakan 2 table top ke dua kota saja dalam satu negara, sesuai rencana Badung dalam mengadakan sales mission. Atau bisa menambah lagi dengan 4- 5 kota lain, dalam upaya menggrab lebih banyak lagi wisatawan India.

 

Selain India, negara Eropa timur dan tengah dinilai pasar baru yang potensial bagi Bali. Walaupun jumlah wisatawan beberapa negara tersebut kecil, namun aktifitas wisatanya sangat tinggi. Disisi lain ITB Berlin dinilai masih potensial untuk berpromosi, termasuk ke negara tradisional market juga akan lebih dimaksimalkan adanya. Begitupula dengan negara-negara Asia lainnya.

 

Sementara Kepala BPPD kabupaten Badung, IGN Surya Wijaya mengaku optimis dengan target kunjungan 20 juta wisman ke Indonesia dan 8 juta wisman ke Bali akan tercapai di tahun 2019. Hal tersebut berkaca pada keberhasilan perhelatan IMF World Bank 2018 di Nusa Dua, yang menempatkan Bali di ranking pertama destinasi yang wajib dikunjungi. Selain itu dengan promosi yang semakin gencar dilakukan Badung, hal itu juga akan mendorong pencapaian target tersebut diyakini akan terlampaui. “Untuk promosi tahun 2019 ini kita hanya memerlukan dana sebesar Rp 24 milyar dan itu akan tercapai sebab pemerintah dan DPRD sudah berkomitmen untuk itu. Nilai itu sebanarnya masih kecil jumlahnya jika dibandingkan PAD kita,”sebut Surya Wijaya.

 

Dijelaskannya berdasarkan hasil riset pihaknya, ke-17 negara tersebut dipilih ssbagai sales mission terkait dengan mantaince tradisional market pariwisata Bali dan emerging market. Dimana faktor yang mempengaruhi tujuan tersebut adalah terkait spanding money, lenght of stay dan kualitas wisatawan. Selain sales mission pihaknya juga melakukan promosi melalui media, baik media asing dan media lokal. Begitupula melalui BBTF juga dilakukan adanya. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!