Plt Asisten II: Karena Prestasi, Lobar Dapat Bantuan Dana Pusat

posbali.id

LOBAR, POSBALI.ID – Simpang siur terkait keberadaan dana sebesar Rp73 miliar yang muncul setelah pengetokan APBD Lobar tahun 2018 mulai menemui titik terang. Pemkab Lobar melalui Asisten III yang juga Plt Asisten II Setda Lobar, H. Fathurrahim menyatakan bahwa masuknya dana pusat tersebut karena prestasi yang berhasil ditorehkan Pemkab Lobar.

 

Fathurrahim yang dikonfirmasi Kamis (12/4), menyatakan bahwa saat dikonfirmasi pihak kepolisian pun pihaknya selalu menyampaikan hal yang sebenarnya. Menurutnya, kalau dana itu dana umum, maka tidak boleh sama sekali diutak atik. “DAU misalnya, ada tambahan tiba-tiba misalnya Rp10 miliar, tidak boleh kita gunakan. Karena peruntukannya belum jelas, harus kita bahas dengan dewan,” jelasnya.

 

Hal berbeda jika dana itu merupakan dana transfer. Dalam hal ini, dana DAK sebesar Rp73 miliar itu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknisnya langsung dari pusat. “Sudah jelas mau bentuk apa sudah jelas, itu cukup dengan kita masukkan dianggaran, kemudian kita perbaiki Perbub-nya. Kemudian sampaikan kepada dewan sesuai bunyi Permendagri nomor 33 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2018,” paparnya.

 

Tak hanya itu, keberadaan dana transfer yang saat ini seolah menjadi bola panas itu sudah jelas peruntukannya. “Itu sudah melalui mekanisme dan konsultasi,” cetusnya.

 

Dikonfirmasi terkait adanya indikasi bahwa dana tersebut dipakai sebagai dana kampanye, Fathurrahim dengan tegas membantah. Menurutnya, diberikannya dana tersebut dikarenakan prestasi yang diraih Pemkab Lobar. “Kita dapat bantuan dana dari pusat. Tidak ada itu kita utak atik untuk lain peruntukan (Kampanye). Dari mana itu,” ujarnya membantah.

 

Kemudian, terkait dana Prim itu, Fathurrahim menyampaikan bahwa dana itu merupakan kepercayaan Prim Australia yang sudah diperoleh sejak tahun lalu. “Jadi tahun ini harus lebih bagus. Sehingga tahun terakhir kita dapat reward dari pusat dari APBN,” pungkasnya kemudian. 033

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *