Piodalan di Polres Buleleng, Kapolsek Banjar Kompol Dedi “Ngigel” Baris dan Ngelawak Bondres

posbali.id

Buleleng, posbali.id – Puncak karya piodalan di Pura Wira Canthi Polres Buleleng jatuh pada Wraspadi Umanis Ugu, Sasih Kapat, Kamis (13/9/2018) sore yang dipuput langsung oleh Ratu Peranda Mas Widya Putra, tampak sedikit berbeda. Perbedaan itu bukan terletak pada ritual piodalan, melainkan penampilan seorang anggota polisi yang memiliki pangkat komisaris polisi (kompol).

Ya dia adalah Kompol Ida Bagus Dedi Januartha yang menjabat sebagai Kapolsek Banjar. Dihadapan ratusan personil Polres Buleleng yang menggelar persembahyangan bersama, Kompol Dedi mempersembahkan Tari Baris yang ditarikan secara tunggal, dalam rangka mengiringi karya piodalan tersebut.

Meski memiliki postur tubuh terbilang tambun, namun Kompol Dedi terlihat piawai saat menarikan tari baris itu. Gerakan memutar dengan satu kaki terlihat sangat energik, seakan-akan memberikan efek dramatis dalam koreografi pementasan.

Bahkan, gerakan khas lain yakni seledet (gerak mata, red) penari yang senantiasa berubah-ubah, seolah menggambarkan sifat seorang prajurit yang senantiasa awas atau waspada terhadap situasi yang ada di sekitarnya. Pementasan tari yang dipentaskan oleh Kompol Dedi pun, disambut tepuk tangan yang cukup meriah oleh ratusan personil saat itu.

Tak cukup disana, Kompol Dedi kembali menunjukan kepiawaiannya. Kali ini, Kompol Dedi menunjukan lawakan-lawakan tradisional yang dikenal dengan sebutan Bondres. Tampil bersama tiga rekan lainnya, bondres tersebut dikemas dengan sangat apik dan penuh humor. Sehingga, membuat ratusan penonton sampai tertawa terbahak-bahak saat saat mendengar lawakan mereka.

Menurut Kompol Dedi, pementasan bondres yang ditampilkan ini sebagai upaya untuk menghibur personil sekaligus memberikan pesan-pesan kamtibmas. “Lawakan ini humanis, kami menghibur sambil juga menyelipkan program-program Polri, utamanya pesan-pesan kamtibmas seperti preman dan narkoba No Way, kegiatan IMF, pengamanan Pileg dan Pilpres sesuai arahan pimpinan,” ungkap Kompol Dedi, Kamis (13/9/2018) malam usai pementasan.

Kompol Dedi mengaku, kepiawaian dirinya menari Tari Baris memang sudah tertanam sejak kecil. Bakat itu kata dia, sudah tidak terpisahkan dari kehidupan dirinya sendiri. “Ini untuk melestarikan budaya leluhur, gerak-gerak dalam tari baris menceritakan ketangguhan dari seorang prajurit. Makanya, cita-cita dari kecil pingin jadi polisi. Syukur, cita-cita itu tercapai,” pungkas Kompol Dedi. 018

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

2 tanggapan untuk “Piodalan di Polres Buleleng, Kapolsek Banjar Kompol Dedi “Ngigel” Baris dan Ngelawak Bondres

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!