Pesona Pantai Elak Elak Sekotong

posbali.id

BICARA tentang destinasi pariwisata di NTB, Kabupaten Lobar luar biasa potensinya. Berbagai potensi wisata bisa kita lihat di kabupaten yang berada paling selatan NTB itu. Selain kawasan Senggigi, Kabupaten Lobar masih punya kawasan Sekotong khususnya Pantai Elak Elak yang memiliki segudang pesona untuk dikunjungi wisatawan.

Jika melihat kebijakan dari Pemkab Lobar, tahun ini bisa dikatakan sebagai tahun kebangkitan pariwisata Sekotong. Dan Pantai Elak Elak bisa menjadi salah satu alternatif kawasan yang bisa dikembangkan Pemkab Lobar. Selain memiliki garis pantai yang indah, alam bawah laut Pantai Elak Elak juga sungguh sangat bagus. Belum lagi jika dilihat dari atas ketinggian, Pantai Elak Elak bisa dikatakan surganya Sekotong.

Lebih jauh lagi, Sekotong adalah salah satu wilayah yang ditetapkan Pemkab Lobar sebagai kawasan pengembangan pariwisata setelah sebelumnya kawasan pariwisata Senggigi dinobatkan sebagai tujuan wisata terbaik se-Indonesia atau The Best Destination dari 10 tujuan wisata di Indonesia pada tahun 2010 silam. Sekotong yang merupakan wilayah pegunungan dan memiliki bentangan garis pantai yang cukup panjang serta terdiri dari 23 gili (pulau kecil) memang sangat menjanjikan sebagai daerah tujuan wisata baru karena potensi keindahan alamnya. Kawasan Sekotong memang sudah lama dilirik para investor baik asing maupun lokal.

Dan salah satu keindahan itu tersaji di Pantai Elak-elak. Berlokasi di Sekotong Barat dengan kondisi jalan mulus beraspal, pantai ini tergolong masih sangat alami. Rute dari Mataram memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan, melewati Pantai Batu Kijuk dan Pelabuhan Tawun di Desa Sekotong Barat. Pasir putih terhampar dengan indahnya dan terdapat gundukan karang disuatu sudut menambah eksotisme pantai ini. Ditambah pemandangan gili-gili di sekitarnya.

Terdapat berugak-berugak untuk tempat beristirahat para pengunjung di lokasi. Pantai Elak-elak mulai banyak dikunjungi warga lokal yang menghabiskan waktu berwisata di akhir pekan bersama keluarga. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah berenang, bermain pasir dan berjemur. Jangan lewatkan kegiatan jepret menjepret pesona yang ditawarkan oleh pantai ini, termasuk view matahari tenggelamnya. Harus kita akui bersama-sama kalau kawasan Sekotong mulai menggeliat sebagai tujuan wisata baru di Kabupaten Lobar selain kawasan wisata Senggigi yang sudah sangat terkenal.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid pun nampaknya menangkap peluang itu. Di era pemerintahannya ini, nampaknya orang nomor satu di Gumi Patut Patuh Patju itu mencoba menghidupkan kawasan wisata Sekotong. Tak hanya itu, dengan lantang, dalam sebuah kesempatan Fauzan mengatakan bahwa Sekotong merupakan masa depan Kabupaten Lobar.

Atas dasar itu, beberapa kegiatan penting dalam rangka HUT Lobar beberapa waktu lalu di pusatkan di kawasan Sekotong seperti Mekaki Marathon, Lomba perahu dayung, Forest Tracking serta beberapa kegiatan lainnya. Hal itu dilakukan Pemkab Lobar demi untuk mengenalkan kawasan Sekotong sebagai salah satu tujuan wisata di Lobar.

“Sekotong ini sudah lama ada, potensi yang dimiliki pun begitu nyata. Dan salah satunya adalah potensi pariwisata yang begitu mempesona. Sekotong bisa dikatakan sebagai masa depan Kabupaten Lobar,” ungkapnya dalam sebuah kesempatan.

Memang, Sekotong ini kawasan yang begitu lengkap. Selain potensi pariwisata yang alami, potensi lainnya juga bisa ditemukan seperti kelautan dan perikanan, pertanian, hingga potensi pertambangan yang beberapa tahun lalu sempat menggemparkan Indonesia sebagai daerah dengan potensi pertambangannya. Namun, banyak pihak menilai bahwa hanya sektor pariwisata yang mampu dikembangkan dikawasan tersebut. ade

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

2 tanggapan untuk “Pesona Pantai Elak Elak Sekotong

  • 26/10/2018 pada 9:03 AM
    Permalink

    【採訪】12月康健雜誌專題, 訪問朱醫師:10大熱門醫美、微整形,你該怎麼挑? @ ~ 相信悠美 你會更美 ~ :: 痞客邦 :: 10大熱門醫美、微整形,你該怎麼挑?1.玻尿酸注射2.電波拉皮3.淨膚雷射4.飛梭雷射5.脈衝光6.肉毒桿菌注射7.微晶瓷8.自體脂肪移植9.3D聚左旋乳酸(Sculptra)10.冷凍溶脂(cool

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!