Peserta Vasektomi Dapat Insentif Rp500 Ribu

posbali.id

JEMBRANA, POS BALI ONLINE – Rendahnya peserta Keluarga Berencana (KB) pria atau vasektomi di Bumi Makepung Jembrana, membuat Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana menggratiskan para peserta vasektomi. Selain gratis, nantinya peserta akan diberikan uang insentif sebanyak Rp 500 ribu.

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Jembrana, Ni Kade Ari Sugianti saat menjadi Pembina Apel Rutin yang diikuti seluruh pegawai dilingkup Pemkab Jembrana, Senin (29/5) mengatakan, saat ini KB bukan hanya urusan para wanita atau ibu. Kaum pria pun bisa mengikuti program KB dengan berbagai pilihan guna mencegah kehamilan. Tidak hanya menggunakan kondom, tetapi juga melalui metode vasektomi.

Bahkan untuk meningkatkan jumlah peserta KB pria atau vasektomi, pihaknya menggrastiskan dan memberikan uang insetif sebanyak Rp 500 ribu. “Pemberian insentif Rp 500 ribu ini merupakan bentuk konpensasi setelah peserta menjalani operasi kecil dan beristirahat selama tiga hari,” katanya.

Lebih lanjut Ari Sugianti mengatakan, gencarnya menggalakan program KB ini, tidak hanya bagi peserta wanita namun juga kaum pria, dengan tujuan mengurangi laju penduduk serta menjaga kesehatan reproduksi dengan pengaturan pola kelahiran. Selain metode kondom yang sudah lama dikenal, vasektomi merupakan alternatif penggunaan KB bagi pria. ”Sampai Mei ini sudah terdaftar peserta KB vasektomi sebanyak 24 orang, kita targetkan sampai akhir tahun bisa mencapai 40 orang,“ harapnya.

Guna mensukseskan program ini, pihaknya juga aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat, diantaranya menggelar pelayanan dalam kegiatan car free day setiap minggu, sosialisasi kepasar-pasar dan juga ke desa-desa dalam sejumlah kegiatan. Selain itu, juga dibentuk tim motivator yang bertugas mengajak serta mensosialisasikan manfaat mengikuti KB pria.

Hal ini untuk menjaring akseptor KB pria, mengingat kaum laki-laki itu sendiri juga banyak yang tidak memahami program vasektomi. Bahkan prestasi khusus dicatat motivator asal Jembrana, atas nama Ida Bagus Parisada yang terpilih sebagai juara I tingkat Provinsi Bali. “Bagi pria yang akan menjadi peserta KB bisa mendaftarkan diri melalui penyuluh KB dimasing-masing desa atau bisa juga melalui motivator KB,” tegas istri Bupati Jembrana ini. 024

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Satu tanggapan untuk “Peserta Vasektomi Dapat Insentif Rp500 Ribu

  • 09/11/2018 pada 2:13 PM
    Permalink

    Barcelona will seek a cut-price £22million move for Manchester City forward Robinho, but Eastlands boss Mark Hughes insists his record signing is not for sale. Barca prepare to open Robinho bidding with cheeky £22m offer – but Manchester City boss Mark Hughes insists he’s not for sale

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!