Perubahan Nama Jalan Tol Bali Mandara Jadi Pergantian Pertama Nama Tol di Indonesia

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Jika benar terjadi, pergantian nama jalan Tol Bali Mandara menjadi jalan tol I Gusti Ngurah Rai akan menjadi pergantian nama jalan tol pertama di Indonesia. Dimana selama ini pergantian nama jalan belum pernah diketahui oleh Direksi Jasamarga Bali Tol (JBT). “Untuk pergantian nama, kita belum ada pengalaman itu. Belum pernah terjadi dan mungkin menjadi pertama,”ujar Direktur Utama JBT, Enkky Sasono, Minggu (25/11) disela-sela aksi bersih pantai dan pelepasan 500 ekor tukik di Pantai Kuta, serangkaian HUT ke-7 JBT.

 

Kendati demikian pergantian nama tersebut mungkin saja dilakukan, sepanjang didasari atas SK menteri PUPR. Sebab penamaan ruas tol itu melalui SK Menteri PUPR, sehingga pihaknya tidak berwenang mengubah nama tersebut. Bagi JBT perubahan nama tersebut diakui tidaklah terlalu bermasalah, karena nama perusahannya masih tetap PT Jasamarga Bali Tol. Dalam artian kebijakan perubahan nama tersebut tidak ada kaitannya dengan perusahaan. “Itu tergantung dari keputusan Menteri PUPR nantinya, kita belum tahu kapan mulai berlaku. Tergantung keputusan menteri dan kami menunggu penetapan dari SK tersebut,”jelasnya.

 

Selaku BUMN yang berusaha di Bali, pihaknya mengaku akan mengikuti Pemerintah Daerah Bali. Termasuk ketika ada rencana perubahan nama jalan tol diatas perairan, namun tentunya proses pergantian secara legal itu harus ditetapkan melalui SK Menteri PUPR. Pihaknya saat ini masih menunggu hal tersebut, sebab secara formal tidak ada pembicaraan rencana tersebut dari pihak pemprov. ,kKita mengetahui rencana itu dari informasi rekan corporate dari Jakarta saat menghadiri IMF di Bali, katanya memang ada rencana pergantian nama jalan tol yang ada di Bali. Alasannya kita belum dapat info,”bebernya.

 

Secara pribadi ia berpendapat perubahan na itu wajar saja dilakukan, jika itu merupakan keinginan dari Gubernur Bali. Sebab wilayah ruas jalan itu berada di Ngurah Rai, terus ada bandara Ngurah Rai sebagai bentuk penghormatan sebagai pahlawan kita. Ketika nantinya keluar SK pergantian nama, maka semua ornamen Bali Mandara diakuinya akan diganti menyesuaikan nama nantinya. “Saya rasa itu masuk akal, tapi itu tergantung pak menteri,”imbuhnya. 023
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!