Pernyataan Budiman

posbali.id

PERNYATAAN Freddy Budiman ternyata masih berbuntut panjang. Paling tidak, tanda-tanda itu dapat kita ketahui ketika Presiden Jokowi meminta pernyataan gembong narkotika kepada Koordinator KontraS Haris Azhar agar ditelusuri. Sebagaimana diberitakan Surat Kabar POS BALI Jumat (12/8), pernyataan itu harus ditelusuri, diungkap dan diproses. Menurut surat kabar ini, Polri membenuk tim independen guna menelisik kebenaran informasi dalam artikel Haris Azhar berjudul “Cerita Busuk Dari Seorang Bandit”. Artikel itu ditulis berdasarkan hasil wawancara dengan terpidana mati Freddy Budiman di Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, tahun 2014.

Demi suksesnya mengungkap kasus itu, Jokowi pun “menantang” banyak pakar yang punya kemampuan untuk ikut dalam tim.  Ada pertanyaan yang manarik dari Jokowi: mengapa kasus itu baru diungkap sekarang. Kenapa tidak diungkap dari dulu.

Jawaban atas pertanyaan itu mungkin bisa beragam. Bagi masyarakat awam, kasus seperti itu akan menimbulkan berbagai praduga, pandangan atau pendapat. Mungkin ada yang negative thinking mungkin juga ada yang positive thinking. Yang negative thinking mungkin akan berkata, bahwa Tim Independen itu tak akan mungkin berhasil mengungkap kasus itu dengan berbagai alasan.

Jika disuruh memilih, kita sebaiknya positive thinking. Sebab, jika berpikir positif, maka hasilnya akan positif. Kita harus percaya, bahwa hukum karma selalu adil. Jika hukum di pengadilan bisa dinilai tidak adil, maka hukum karma tidak bisa diragukan lagi. Kita bisa melihat kebenaran itu pada analogi ini: kalau menanam ketela, maka hasilnya juga ketela. Menanam jagung, jagung juga yang kita petik.

Oleh karena itu, mari kita tumbuhkan keyakinan bahwa tim itu akan berjalan sukses. Usia negara kita sudah 71 tahun. Kita sudah sering mendegar katakata, “supremasi hukum, pemerintahan yang bersih dan berwibawa, mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.” Kita harus berdoa semoga semua itu benar-benar terwujud. Meskipun yang mewarisi anak cucu kita kelak. (*)

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!