Perempuan Lebih Rentan Terserang Penyakit Ginjal

posbali.id

Pelepasan Lari Bersama serangkaian Hari Ginjal Sedunia, Minggu (11/3)

DENPASAR, POSBALI.ID – Kaum perempuan memiliki resiko yang lebih tinggi terserang penyakit ginjal dari pada laki-laki. Penyakit ginjal kronik (PKG) tercatat merupakan penyakit penyebab kematian ke-8 pada perempuan, sementara dari tahun ke tahun, kaum hawa juga terus mendominasi menderita Lupus (penyakit autoimun yang menyerang ginjal).

“Berdasarkan data Poliklinik Ginjal Hipertensi RS Cipto Mangunkusumo Jakarta menunjukkan selama tiga tahun pasien PKG akibat komplikasi Lupus didominasi oleh perempuan,” erang Kepala Divisi Ginjal dan Hipertensi SMF Ilmu Penyakit Dalam RSUP Sanglah, Dr. dr. Yenny Kandarini, Sp.PD-KGH, FINASIM, dalam sela-sela acara lari bersama peringatan World Kidney Day 2018, di Plaza Renon, Minggu (11/3).

Dinyatakan, perbandingan penderita Lupus antara perempuan dengan laki-laki adalah 88,1 persen berbanding 11,9 persen pada 2015; 88 persen berbanding 12 persen pada 2016; dan 93,6 persen berbanding 5,7 persen pada tahun 2017.

Data tersebut juga semakin diperkuat dengan angka transplantasi ginjal di RSUP Sanglah Denpasar, dimana dari delapan pasien yang sudah ditangani lima diantaranya adalah perempuan. “Untuk transplantasi (ginjal) kita sekarang sudah masuk ke pasien yang kesembilan. Dari yang yang telah ditangani, lima adalah perempuan,” tambahnya.

Atas dasar kerentanan itu, pihaknya pun mengajak masyarakat untuk sama-sama menjaga ginjal dengan pola hidup sehat dan memperbanyak minum agar fungsi ginjal dapat berjalan normal. “Virtual Run ini juga salah satu bentuk kegiatan kita untuk memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh setiap hari Kamis di minggu kedua bulan Maret yang digelar sejak 2006,”jelasnya.

Kegiatan diikuti sekitar 350 orang dan terselenggara berkat kerjasama Perhimpunan Nefrologi Indonesia Korwil Bali, NTB, dan NTT dengan Disivi Ginjal dan Hipertensi SMF Ilmu Penyakit Dalam RSUP Sanglah Denpasar. eri

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!