Percepat proses landing dan take off, Bandara Ngurah Rai butuhkan RETW

posbali.id
MANGUPURA, POS BALI – Keberadaan Rapid Exit Taxi Way (RETW) menjadi suatu yang diharapkan dalam rencana pengembangan Bandar Udara Ngurah Rai kedepan. Dengan adanya RETW tersebut, maka proses lepas landas pesawat akan lebih cepat dilakukan. Sebab ketika pesawat landas, maka pesawat bisa langsung minggir dari runway penerbangan. “Rapid exit taxi way ini akan mempercepat proses pesawat keluar dari runway. Kalau semakin cepat keluar runway, maka akan semakin bagus bagi pesawat yang lain karena semakin cepat lepas landas,”ujar Manager Perencanan dan Evaluasi Operasi Air Nav Denpasar, Gede Cakra Warsita.

 

Diakuinya saat ini bandara Ngurah Rai hanya memiliki 2 RETW, yang dulunya kemungkinan dibuat sebelum kondisi pesawatnya berukuran besar. Namun seiring dengan pengembangan apron dan rencana penambahan landasan sepanjang 400 meter ke arah barat. Yang dati kondisi awalnya 3000 meter menjadi 3400 meter. Maka semakin panjang landasan tentu rapid exit taxi way akan dibuat di ujung landasan. “Kondisi rapid exit taxi way idealnya 90 drajat, sehingga lebih mudah memutar. Kalau kondisinya 30 drajat itu harus berhenti sebentar, baru bisa berbelok,”sebutnya.

 

Dipparkannya, jika kedepannya pengelola bandar udara Ngurah Rqi akan membangun rapid exit taxi way. Maka pihaknya akan mencoba menghitung ulang kembali, terkait kapasitas penerbangan perjam yang saat ini di Bandara Ngurah Rai. Dari kondisi saat ini 30 penerbangan perjam, agar menjadi 35 penerbangan perjam. Dimana penerbangan reguler jumlahnya 29 dan ireguler 1 penerbangan.

 

Disisi lain pihaknya juga mengungkapkan bahwa pertumbuhan tragfic penerbangan di bandara Ngurah Rai, tiap tahun meningkat rata-rata 10 persen. Saat ini diakuinya yang menjadi target pihaknya di Airnav Denpasar telah tercapai, yaitu tidak terjadi Break Of Season (BOS) dan keselamatan penerbangan terjamin. GAY
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!