Perbaikan Destinasi Pariwisata Dimulai dari Toilet

posbali.id

JANGAN sepelekan soal publik toilet atau WC umum yang berada di destinasi pariwisata. Toilet umum mestinya memenuhi standar internasional di setiap objek wisata dan tempat-tempat umum termasuk pasar tradisional di Bali. Pelaku dan pengamat pariwisata yang juga Ketua INNCA Bali, Ida Bagus Surakusuma mengatakan, peningkatan fasilitas publik toilet sudah mulai membaik, tetapi sayangnya kalau ke desa dan pasar tradisional kebanyakan masih jorok. Padahal juga banyak tamu asing yang datang berbelaja ke sana.

Sangat berbeda dengan toilet di mall terutama untuk fasilitas hotel sudah standar internasional. “Jika toilet mau bagus pemda setempat harus memanage dan menentukan standar toilet. Karena kita orang Bali yang dulu hidup di Tebe (Tegalan- red), lalu kehidupan naik dengan sistem kakus dan sekarang sudah jadi tempat wisata, sehingga toiletnya selama 24 jam harus tetap bersih. Kerena wisatawan melihat destinasinya juga melalui melihat toiletnya,” tandas Konsulat Republik Polandia yang akrab disapa Gus Lolec ini di Denpasar, Senin (29/5).

Menurutnya, rata-rata toilet hotel di Bali sudah memenuhi syarat dan standar internasional. Tapi toilet di tempat umum, misalnya Pasar Badung belum banyak diperhatikan, padahal tamu asing yang melancong pasti mencari toilet umum. Padahal sebagai smart city semestinya publik toilet di Denpasar harus memenuhi standar agar tidak berbau dan becek. Hal itulah yang menjadi tanggungjawab pemerintah daerah.

“Toiletnya harus menjadi citra pariwisata seluruh destinasi di Bali. Toilet agar tetap bersih harus dengan mendidik masyarakat hidup bersih. Standarnya pun harus terus ditingkatkan. Jadi pemerintah daerah harus terus mengontrol dan memperbaiki toilet umumnya. Sehingga perbaikan destinasi pariwisata Bali harus dimulai dari toilet,” tegas Gus Lolec.

Terkait toilet berstandar internasional itu, juga menjadi perhatian serius Dinas Pariwisata Daerah (Disparda) Provinsi Bali. Bahkan, belum lama ini sudah mengumpulkan dinas pariwisata kabupaten/ kota untuk menjaga kebersihan toilet dan sudah diminta toilet mana yang bermasalah, khususnya di setiap destinasi. “Tetapi hanya dua destinasi yang mengajukan di kabupaten yang bermasalah. Kita akan koordinasikan dengan Bappeda agar bisa masuk untuk persiapan IMF. Bali ingin minta apa, kita sudah sampaikan, karena Bali sebelumnya sudah minta perluasan bandara, jalan tembus utara selatan, jalan underpass simpang keluar TOL di Ngurah Rai dan Sesetan termasuk di underpass di Ubung,” kata Kadisparda Bali, A.A. Gede Yuniartha Putra.

Karena itulah, perbaikan toilet umum bagi destinasi di Bali akan menjadi program yang menyatu dengan perbaikan infrastruktur di Bali. “Yang penting toiletnya selain harus ada khusus untuk laki dan perempuan, juga harus bersih dan terus ada air. Jika toiletnya bersih, tapi air ga ada. Itu juga masalah dikeluhkan oleh pariwisata,” paparnya yang senada dengan Owner Secret Garden Village, Billy Hartono Salim yang mengakui objek wisata adalah yang paling utama. “Khan ada banyak hotel yang mengalami pertumbuhan, tetapi destinasi juga harus dikembangkan,” ujar Billy.

Karena itulah berbagai pihak diharapkan mendorong pertumbuhan destinasi agar mengikuti standar internasional. Apalagi banyak potensi yang bisa dikembangkan di Bali, namun sayangnya rata-rata pertumbuhan dari destinasi masih sangat jomplang dibandingkan dengan sektor lain. “Kita berharap dari pihak PHRI sendiri ada upaya untuk mengembangkan destinasi-destinasi baru yang membuat wisatawan tidak cepat bosan dan membuat lebih lama length of stay-nya, jika lebih banyak ada destinasi,” tandas Billy. nan

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

2 tanggapan untuk “Perbaikan Destinasi Pariwisata Dimulai dari Toilet

  • 23/10/2018 pada 8:59 AM
    Permalink

    激光是單一波段的光能 , 在同一時間發射 , 光線能量較為集中 , 能深入皮膚打擊患處之異常色素或血管 , 溫和地刺激皮膚內的骨膠原更生, 新生的骨膠原令您的膚質光澤柔嫩 , 煥然一新 , 抗老效果顯著。有效治療色斑(雀斑 , 太陽斑 , 咖啡斑 , 太田痣 , 紋身) , 血管問題 (葡萄色斑 , 微絲血管擴張) , 膚色不均 , 皮膚鬆弛 , 毛孔粗大 治療後皮膚會出現短暫的紅腫 , 要注意防曬及遵照醫生指示護理皮膚

    Balas
  • 27/10/2018 pada 3:03 AM
    Permalink

    享受靜謐!文華水療中心 X Mayo Clinic 的寧靜時刻 – STYLE-TIPS.COM 難得有時間歎spa,當然想身、心都完全放鬆,所以除了着重理療效果之外,環境的舒適…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!