Pengabdian Kepada Masyarakat, UNUD Bantu Mesin Pengupas Kulit Ari Kelapa 

posbali.id

GIANYAR, POS BALI.ID – Universitas Udayana (UNUD) dalam menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, selalu melaksanakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Hal itu diungkapkan salah seorang Dosen UNUD, Dewa Ngakan Ketut Putra Negara, ST., MSc, Selasa (7/8).

Lebih lanjut dikatakanya, hasil-hasil riset diimplementasikan dan diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan di masyarakat. “Hasil-hasil riset langsung diimplementasikan, diharapkan akan mampu menyelesaikan permasalah yang ada di masyarakat,” jelasnya.

Salah satu kegiatan yang dilakukan, kata Putra Negara, yaitu Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berupa penerapan mesin semi otomatis pengupas kulit ari kelapa, dalam pembuatan jaja saga manis untuk industri rumah tangga di Banjar Pengaji, Desa Melinggih Kelod, Payangan, pada Sabtu 4 Agustus 2018 lalu. “Kami membantu masyarakat berupa penerapan mesin semi otomatis pengupas kulit ari kelapa, dalam pembuatan jaja saga manis. Sebagai salah satu penunjang industri rumah tangga,” ungkapnya.

Lanjutnya, mesin ini menggantikan proses manual untuk mengupas kulit ari kelapa dan dapat meningkatkan kecepatan proses  4-5 kali. “Dua unit mesin kami serahkan kepada mitra masing-masing untuk I Gusti Ayu Mariani dan I Wayan Ariasa, sekaligus pengenalan manajemen dasar tentang pembukuan dengan harapan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pembuatan jaja saga manis,” jelasnya.

Kegiatan ini, kata Putra Negara, diharapkan pula dapat memberikan gambaran kondisi dan permasalahan riil yang dihadapi masyarakat, untuk dapat dicarikan solusinya. “Sehingga akan terjadi suatu kerjasama dan sinergi yang saling menguntunkan antara perguruan tinggi dan masyarakat,” pungkasnya.

Mesin ini dibuat oleh mahasiswa Teknik Mesin Unud yang dibimbing Dewa Ngakan Ketut Putra Negara, ST., MSc, sekaligus selaku ketua kegiatan dengan anggota AAIA Sri Komaladewi, ST, MT. 011
Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!