Pemkab Lakukan Penebaran Benih Ikan di Danau Batur

BANGLI, POS BALI ONLINE – Demi menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat dengan tujuan mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem seimbang, Pemerintah Kabupaten Bangli tak henti-hentinya melakukan penebaran benih ikan di Danau Batur.

Luas Danau Batur 1.607,50 Ha merupakan salah satu perairan umum yang ada di Kabupaten Bangli, mempunyai posisi yang strategis dan multi fungsi dimanfaatkan sektor perikanan, juga dimanfaatkan untuk pertanian dan pariwisata.

Bertempat di Dermaga Kedisan Jumat (11/8),Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Dandim1626 Bangli Letkol Inf.Susanto Lastua Manurung, Asisten III Setda Kab. Bangli Wayan Warta Megantara, Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, Perbekel dan Pembudidaya Ikan di sekitar Danau Batur laksanakan penebaran ikan (Restocking) sebagai upaya pengembalian populasi ikan akibat exploitasi berlebihan.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Bangli Ir. I Wayan Sukartana,M.Si dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dirangkai dengan HUT kemerdekaan RI ke 72 adalah yang kedua ditahun 2017 setelah penebaran di bulan Mei dirangkai HUT Kota Bangli yang ke 813.

Menurut Sukartana restocking ini adalah salah satu upaya meningkatkan populasi ikan nila di Danau Batur setelah mengalami musibah terjadinya semburan belerang yang mengakibatkan kematian ikan yang sangat signifi – kan baik yang ada di Keramba Jaring Apung (KJA) maupun diluar KJA.

Sementara itu Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya mengatakan, perairan umum ini merupakan salah satu sumberdaya perairan yang potensial untuk lebih dikembangkan dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi manusia, khususnya kebutuhan protein.

Lanjutnya, produksi perikanan perairan umum sebagian besar didominasi oleh produksi penangkapan , kini terjadi pergeseran Ke arah sektor budidaya, pergeseran ini terlihat dari penurunan perikanan hasil penangkapan serta meningkatnya produksi dari usaha budidaya diperairan umum khususnya Budidaya Ikan dengan Sistem Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada dikawasan Danau Batur. 028

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *