Pembersihan Material Longsor di Subak Penasan Tempuh Jalur Niskala

posbali.id

KLUNGKUNG, POSBALI.ID – Pasca jebolnya senderan yang menutupi saluran irigasi di Subak Penasan, Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, tercatat sampai saat ini puluhan hektar sawah dilaporkan tidak mendapatkan air. Bahkan peristiwa yang terjadi sejak tiga minggu lalu ini, dikhawatirkan akan memberikan dampak terhadap petani, seperti padi yang baru ditanam tidak bisa dilakukan panen secara maksimal.

Sebagai solusinya, upaya pembersihan material longsoran telah dilakukan oleh anggota (krama) Subak Penasan secara manual. Tetapi upaya ini belum membuahkan hasil. Pemerintah Kabupaten Klungkung selanjutnya turun tangan dengan menerjunkan satu unit alat berat milik Dinas PU Kabupaten Klungkung untuk membersihkan material longsor yang berlangsung, Senin (11/2).

Tidak berhenti sampai disana, Wakil Bupati Klungkung, I Made Kasta yang ikut memantau kegiatan pembersihan material longsor tersebut juga langsung memohon petunjuk niskala dalam kesempatan itu. Sebagai penekun spiritual, Wabup Kasta memohon putunjuk niskala dengan sarana sesajen yang dihaturkannya di ujung saluran irigasi berupa terowongan. Atas petunjuk yang didapatnya, Wabup Kasta meminta krama subak agar membuat pelinggih yang dibangun disekitar terowongan saluran irigasi tersebut.

“Upaya niskala juga kita tempuh untuk memohon petunjuk agar air segera bisa mengalir,” kata Wabup Kasta.baw

 

 

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!