Pelukis Harus Jadikan Aksara Bali Sebagai Inspirasi

posbali.id

 

Melukis tiada henti, itulah yang dilakukan Nyoman Gunarsa setiap harinya. Melestarikan kebudayaan Bali melalui lukisan sering diciptakannya, bahkan mensosialisasikanbudaya Bali melalui lukisan yang dibuatnya ke seluruh dunia kerap kali dilakukan oleh si tangan emas asal Banjar Banda, Desa Takmung, Banjarangkan ini.

Tepat di ajang Festival Nyastra Bali di Kabupaten Klungkung yang berlangsung di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Minggu (11/12) lalu, pemilik Nyoman Gunarsa Museum Seni Lukis Klasik Bali ini juga turut serta mengikuti festival tersebut dengan menyumbangkan sebuah lukisan aksara Ongkara atau Omkara dihadapan 1.103 peserta festival  yang berasal dari kaum anak-anak sekolah se-Kabupaten Klungkung.

Ditelisik lebih jauh, perjuangan Gunarsa untuk melestarikan kebudayaan Bali salah satunya bahasa Bali telah dilakoninya sejak tahun 2013 silam dengan menggelar Festival Internasional Bahasa Bali (International Festival of Balinese Language/IFBL) dengan melibatkan peserta dari sembilan negara saat itu, seperti Australia, Belanda, Italia, Switzerland, Prancis, Belgia, Amerika, Jepang dan India.

Kenapa bahasa Bali perlu dilestarikan, Gunarsa menilai aksara dan bahasa Bali sudah tenggelam karena kemajuan zaman. Namun upaya untuk melestarikan harus tetap dilakukan, mengingat aksara dan bahasa Bali mempunyai arti penting bagi budaya Bali dan orang Bali.

Lebih lanjut yang pernah diungkapkan Gunarsa kepada awak media, bahwa aksara Bali dan bahasa Bali sendiri sudah ada beradab-adab. Bahkan aksara dan bahasa ini dinilai sudah berkembang di India Selatan sejak 3000 tahun yang lalu dan sekarang masih bertahan di Bali.

Melihat kondisi itu, ia mengharapkan para pelukis dunia bisa menjadikan aksara dan bahasa Bali sebagai sumber inspirasi, apalagi bahasa Bali sudah menjadi bahasa Ibu di Pulau Dewata.022

 

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!