PDIP NTB Jagokan Rudy Srigede

posbali.id

Bertarung pada Pilgub 2018

 

MATARAM, POS BALI ONLINE – PDIP NTB memang belum melakukan proses politik terkait Pilgub NTB 2018. Namun begitu, dari sejumlah nama tokoh yang beredar, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu, cenderung menjagokan Kol. CZI. Lalu Rudy Ilham Srigede.

‘’Dari nama-nama yang beredar sekarang ini, hanya Pak Lalu Rudy Srigede yang dijagokan PDIP,’’ kata Ir. Made Slamet, MM, bendahara DPD PDIP NTB, Rabu (10/8) kemarin.

Sebelumnya, Ketua Kaukus KNPI kabupaten/kota se-NTB Taufik Hidayat, S.Ag menyatakan, dari beberapa nama yang berkembang, belakangan mengerucut ke-tiga nama yaitu Bupati Lombok Tengah yang kini ketua DPD Golkar NTB H. Suhaili, ST, Inspektorat Kodam IX Udayana yang sempat menjadi Danrem 162 Wirabhakti Kol. CZI Lalu Rudy Ilham Srigede, serta Bupati Lombok Timur H. Ali BD. ‘’Saya kira tiga nama ini yang paling berpeluang menjadi gubernur NTB periode 2018 – 2023,’’ kata Taufik Hidayat, Senin (8/8).

Menurut dia, ketiga nama ini memiliki kelebihan masing-masing. Suhaili adalah ketua DPD Partai Golkar yang notabene bupati Lombok Tengah. Sedangkan Rudy Srigede, satu-satunya putra NTB yang sempat menjadi orang nomor satu di Korem 162 Wirabhakti—instansi yang banyak menelorkan pemimpin di NTB.  Rudy Srigede  merupakan putra birokrat yang sangat berpengaruh dan disegani di NTB yaitu alm. HL Srigede yang sempat menjadi wakil gubernur NTB, Sekda NTB serta Bupati Lombok Tengah. Sementara Ali BD adalah satu-satunya tokoh LSM yang berhasil menjadi bupati Lombok Timur dari jalur independen. ‘’Tiga nama ini yang nantinya akan bertarung, tentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing,’’ katanya.

 

Sosok Nasionalis

Bagi PDIP tolok ukur pemimpin yang diusung adalah mereka yang berjiwa dan berdarah daging nasionalis. Memiliki paham kebangsaan yang kuat, serta diterima di semua kalangan. Tak hanya untuk kalangan dan masyarakat NTB di NTB, melainkan untuk seluruh masyarakat Indonesia. ‘’Jadi harus merah-putih sejati. Berjiwa pancasila dan memiliki semangat membangun negeri dengan semangat kebangsaan. Tak hanya untuk NTB namun untuk seluruh anak negeri. Dan, sosok itu ada pada mantan Danrem 162 wirabhakti  Pak Rudy Srigede. Untuk sekarang hanya nama Pak Rudy Srigede yang dijagokan PDIP, yang lain belum tampak,’’ kata anggota DPRD NTB tersebut.

Selain sebagai sosok nasionalis, Rudy Srigede memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh calon yang lain. Rudy Srigede adalah putra almarhum HL Srigede yang sangat berpengaruh pada eranya karena sempat menjadi Wagub NTB, Sekda NTB serta bupati Lombok Tengah dan sejumlah jabatan penting lainnya. Selama menjadi birokrat, almarhum Srigede dikenal tak neko-neko dan sangat merakyat  sehingga menjadi sosok yang sangat disegani di NTB. ‘’Karena itulah, putra beliau, Pak Rudy Srigede akan bisa diterima oleh semua kalangan di NTB,’’ katanya.

Sebagaimana lazimnya Pilkada, PDIP kata Slamet, calon yang diusung akan melalui proses politik dengan mekanismenya sendiri mulai dari penjaringan, penyaringan, dan mekanisme politik selanjutnya. Survey-survey juga dilakukan untuk mengetahui elektabilitas calon yang diusung  serta tingkat keterpilihannya sehingga jago yang diusung benar-benar mampu memenangkan Pilgub NTB yang akan dilaksanakan pertengahan  tahun 2018 mendatang.  ‘’Prosesnya panjang.  Ada mekanisme politik yang nantinya ditempuh, mulai dari penjaringan, penyaringan hingga turunnya rekomendasi dari Ibu Mega. Siapa tokoh yang akan diusung PDIP, harus bersabar dan mengikuti mekanisme politik ini dengan baik,’’ katanya.

Dia mengakui, PDIP di DPRD NTB hanya memperoleh 5 kursi sedangkan untuk mengusung calon gubernur dan wakil gubernur harus memiliki 13 kursi. Itu berarti kurang 8 kursi. Kekurangannya ini kata Slamet akan diperoleh dari hasil loby dengan partai lainnya. ‘’Kami sudah melakukan lobi-lobi politik dengan sejumlah partai, semua ini tentu berproses, siapa nantinya bakal diusung tentu akan disepakati bersama. Kami berharap Pak Rudy Srigede bisa mengikuti proses politik ini dengan baik dan lancar,’’ katanya. 001

Print Friendly, PDF & Email
posbali.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: PosBali.id Content is protected!